ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Mar 2022 14:40 WIB

Biar Nggak Salah Paham di Jalan, Kenali Ragam Bunyi Sirine Ambulans

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi ambulans. Foto: Istock
Jakarta -

Pengendara Mercy yang viral karena menghalangi ambulans dan mengikuti sampai ke rumah sakit mengatakan aksinya tersebut dilakukan karena penasaran apakah ambulans tersebut benar membawa pasien atau tidak.

Saat itu ambulans sedang membawa ibu hamil yang dalam kondisi darurat karena harus segera melahirkan di rumah sakit.

"Saya berinisiatif mengikuti itu untuk sekadar ingin tahu saja, apakah benar mobil ambulans itu membawa pasien atau tidak. Ternyata benar membawa pasien," kata Dwiyanto kepada wartawan di Mapolresta Tangerang, Rabu (23/3/2022).

Sirene ambulans menimbulkan suara keras yang dihasilkan oleh speaker yang berada di bagian depan mobil. Suara ini, yang disebut sirine, adalah fitur penting dari setiap ambulans di seluruh dunia.

Dikutip dari situs Ambulance, mobil ini mempunyai beberapa jenis suara untuk sirinenya yakni yelp, phaser, wail, horn, dan hi-lo. Jenis yelp dipakai saat ambulans ada di persimpangan, wail dipakai jika ambulans ada di jalan lurus.

Sementara itu bunyi 'hi-lo' dipakai sebagai perpaduan agar memperoleh perhatian secara efektif. Suara sirine 'horn' baru digunakan sebagai klakson kalau suara-suara sirine lain tidak berhasil mendapat perhatian dari para pengguna jalan.

Masing-masing bunyi sirine juga menandakan situasi yang berbeda. Berikut penjelasannya:

  • Pertama, bunyi sirine menyerupai bunyi palang kereta api. Suara ini menandakan ambulans sedang menjemput pasien.
  • Kedua, bunyi sirine dengan tempo yang lebih cepat menandakan pasien tengah membawa pasien namun kondisinya tidak darurat.
  • Ketiga, bunyi sirine yang menandakan ambulans membawa pasien kritis atau gawat darurat. Suaranya mirip dengan kedua, namun irama yang lebih cepat dan lebih nyaring.
  • Keempat, suara sirine yang menandakan ambulans sedang membawa jenazah. Suaranya memiliki irama panjang dan tidak berulang.

Simak Video 'Ternyata Mobil Mercy yang Halangi Ambulans Nunggak Pajak!':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT