Rabu, 23 Mar 2022 16:01 WIB

Dilakukan Nagita Slavina, Ini Manfaat Memerah ASI dengan Tangan

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Nagita Slavina Nagita Slavina. (Foto: Instagram @raffinagita1717)
Jakarta -

Meski terkesan ketinggalan jaman, memerah ASI dengan tangan memiliki beberapa kelebihan. Pada umumnya cara ini bisa menghasilkan ASI perah lebih banyak dibandingkan memompa ASI.

Hal ini karena ibu bisa mengatur sendiri tekanan perahannya dan ibu juga merasakan dengan tangannya di mana saja bagian payudara yang masih memiliki ASI untuk dikeluarkan. Dengan demikian, ASI bisa dikeluarkan dengan maksimal hingga payudara benar-benar kosong.

Hal itu pun dirasakan oleh Nagita Slavina, melalui video di akun Youtube AH ia membagikan pengalamannya pada awal kelahiran putra keduanya Rayyanza Malik Ahmad. Nagita membagikan pengalamannya ke Aurel Hermansyah tentang tips dan trik agar ASI bisa keluar dari payudara dengan lancar.

Nagita mengaku pada awalnya kesulitan mengeluarkan ASI. Karena terlalu sulit, akhirnya ia memutuskan untuk memerah dengan menggunakan tangan dengan cara memijat payudaranya agar ASI bisa keluar.

"Ini kan dipompa enggak keluar-keluar, jadi harus merah pakai tangan satu-satu, tes-tes gitu. Ini ngebagel," ujar Nagita Slavina.

Dalam hal seperti ini, biasanya petugas pelayanan kesehatan sering menyarankan ibu untuk berlatih memerah ASI mereka sendiri baik dengan teknik memerah ASI dengan tangan maupun menggunakan alat bantu diketahui dapat meningkatkan produksi ASI serta menjaga pasokan ASI tetap seimbang.

"Ibu baru seringkali sangat frustrasi saat bayi tak dapat menempel dengan baik ke payudara. Dan, memompa ASI menjadi pilihan yang baik untuk busui. Konsultan laktasi pun biasanya akan menyarankan teknik memerah ASI dengan tangan daripada memompa pada periode awal bayi baru lahir," ujar Valerie Flaherman, MD, MPH, dokter anak di UCSF Benioff Children Hospital, seperti dikutip dari laman Ucsf.

Memerah ASI dengan tangan merupakan sebuah keterampilan, mungkin butuh waktu untuk mempelajari cara melakukannya dengan benar. Berikut cara beberapa teknik memerah ASI dengan tangan di awal kelahiran yang dapat dicoba.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Solusi untuk Ibu Positif Covid-19 Bila Tak Sanggup Menyusui Bayi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)