ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Mar 2022 16:57 WIB

Jadi Tuan Rumah HWG G20, RI Dorong Persiapan Menghadapi Pandemi Masa Depan

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi anggota G20 Foto ilustrasi: Shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 menguji ketahanan banyak negara dalam menghadapi wabah penyakit. Indonesia dalam pertemuan Health Working Group (HWG) G20 mendorong persiapan global untuk menghadapi pandemi berikutnya.

HWG G20 yang dilaksanakan di DI Yogyakarta pada 28-30 Maret 2022 mendatang rencananya akan dihadiri oleh negara anggota G20 dan organisasi internasional.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa pertemuan salah satunya akan membahas bagaimana meningkatkan kapasitas pemantauan penyakit dunia, standardisasi protokol kesehatan, dan pembangunan pusat studi serta manufaktur terkait ancaman penyakit.

Sebagai contoh masalah yang sempat dihadapi pada pandemi ini adalah soal penerapan sertifikat vaksin. Tiap negara memiliki standar masing-masing sehingga akhirnya sertifikat yang dikeluarkan satu negara belum tentu berlaku untuk negara lain.

"Tidak sedikit sertifikat vaksin digital yang ada menjadi tidak dikenali. Karena masih perlu dilakukan perjanjian resmi antarnegara untuk menyelesaikan persoalan tersebut," kata Nadia dalam konferensi pers Kemenkes, Rabu (23/2/2022).

Masalah lain yang juga akan dibahas adalah bagaimana negara dengan berpenghasilan rendah-menengah bisa memantau penyakit, mendapat akses vaksin, dan meningkatkan jejaring ilmuwan antarnegara.

Harapan akhirnya adalah dunia bisa jadi lebih siap menghadapi ancaman pandemi di masa depan.



Simak Video "Harapan Pulih dari Covid-19 di Balik Perhelatan G20 Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT