ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Mar 2022 17:22 WIB

Viral Mobil Halangi Ambulans, Kenali Tanda Sirene Bawa Pasien Kritis

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Ilustrasi ambulans. Foto: Istock
Jakarta -

Belakangan heboh di media sosial video memperlihatkan pengendara mobil Mercy menghalangi ambulans dan mengikuti sampai rumah sakit. Pengendara mengaku penasaran apakah benar ambulans benar membawa pasien.

Setelah diikuti, ternyata ambulans tersebut benar membawa pasien ibu hamil yang hendak melahirkan.

"Saya berinisiatif mengikuti itu untuk sekadar ingin tahu saja, apakah benar mobil ambulans itu membawa pasien atau tidak. Ternyata benar membawa pasien," kata Dwiyanto kepada wartawan di Mapolresta Tangerang, Rabu (23/3/2022).

Sirene sendiri berfungsi sebagai alat tambahan yang dipasang di mobil ambulans untuk memudahkan kendaraan tersebut melintas dan penanda meminta prioritas terhadap pengguna jalan lainnya.

Lantas, bunyi seperti apa yang menandakan ambulans tengah membawa pasien kritis?

Soal bunyi sirene di mobil ambulans, Kapten (CKM) TNI Mustain, Koordinator Evakuasi Medik RSDC Wisma Atlet menegaskan bahwa ambulans tidak akan membunyikan sirine apapun jika tidak membawa pasien.

"Tapi kalau untuk ada perujukan pasien yang lebih darurat atau emergency itu saya perintahkan untuk membunyikan sirene," ungkapnya kepada detikcom, Rabu (23/3/2022).

"Nah sirine tersebut saya hanya memberikan satu macam saja. Sirine itu menandakan sirene kedaruratan atau emergency hanya bunyi satu," jelasnya.

Bunyi sirene yang dimaksud berbunyi seperti palang kereta api dengan tempo cepat dan nyaring.



Simak Video "Bedanya Cemas di Quarter Life Crisis dan Anxiety Disorder"
[Gambas:Video 20detik]
(any/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT