Mengintip 'Healing' dengan Singing Bowl ala Pawang Hujan Mandalika

ADVERTISEMENT

Mengintip 'Healing' dengan Singing Bowl ala Pawang Hujan Mandalika

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kamis, 24 Mar 2022 09:00 WIB
Gegara pawang hujan MotoGP Mandalika, singing bowl mendadak viral. Apa itu?
Viral singing bowl gegara pawang hujan di MotoGP Mandalika. (Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth)
Jakarta -

Pawang hujan Rara Istiani Wulandari di sirkuit Pertamina Mandalika tengah viral di media sosial. Salah satu yang disorot, tak lain mangkuk keemasan alias 'Singing Bowl' yang dibawa sang pawang saat menjalankan ritual mengusir hujan. Untuk kesehatan, sebenarnya mangkuk tersebut biasa digunakan untuk 'healing'.

Praktisi singing bowl dari Singing Bowl Indonesia, Ivonnete, menjelaskan singing bowl kerap dikenal digunakan untuk meningkatkan fokus dan mempercepat pencapaian Alpha Stage dalam bermeditasi.

"Ketika kita di Alpha stage, hormon baik kita keluar. Otomatis kita ada perbaikan atau healing. Kemudian untuk orang insomnia, orang yang anxiety dan sebagainya," terang Ivonnete saat ditemui detikcom di kawasan Jakarta Utara, Rabu (23/2/2022).

"Selain itu juga buat psikosomatis, artinya dari psikis dia menimbulkan symptoms. Bisa digetarkan untuk meluruhkan trauma, untuk muscle yang tegang dan sebagainya," lanjutnya.

Gegara pawang hujan MotoGP Mandalika, singing bowl mendadak viral. Apa itu?Gegara pawang hujan MotoGP Mandalika, singing bowl mendadak viral. Apa itu? Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth

Ivonnete menjelaskan, di samping fungsi penyembuhan penyakit, singing bowl biasa digunakan untuk relaksasi. Namun memang pada banyak kasus, singing bowl bisa digunakan untuk meredakan gejala fisik yang muncul akibat stres. Di antaranya GERD (gastro esophageal reflux disease), sakit punggung (lower back pain), atau tegang pada bagian pundak dan leher belakang.

Walhasil menurut Ivonette, orang-orang yang mudah cemas atau stres diperbolehkan menggunakan singing bowl, atau menerima treatment terapi sound healing. Pasalnya, kondisi psikis tersebut bisa memicu gejala yang timbul pada tubuh.

"Boleh (singing bowl digunakan oleh orang yang mudah cemas atau stres). Biasanya orang-orang yang datang ke kami itu orang yang biasanya dalam keadaan stres, depresi, atau ada masalah entah stresnya dari kantor, dari permasalahan di rumah. Ada yang overthinking jadi muter terus otaknya, dia nggak bisa rest akhirnya tubuhnya lelah jadi dia perlu rileks," pungkasnya.

Viral singing bowl pawang hujan MotoGP MandalikaViral singing bowl pawang hujan Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth



Simak Video "Praktisi Bantah Adanya Unsur Mistis dari Pawang Hujan MotoGP Mandalika "
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT