Jumat, 25 Mar 2022 05:00 WIB

Vicky Shu Hamil Lagi Saat Bayinya Baru 10 Bulan, Lepas ASI atau Tandem Nursing?

Tasya Kania Azzahra Choerunisa - detikHealth
Vicky Shu Foto: Vicky Shu/ Instagram
Jakarta -

Kehadiran anak pertama di keluarga Vicky Veranita Yudhasoka atau Vicky Shu memang menjadi kebahagian. Namun, ia juga merasa kaget sekaligus bahagia saat diberitakan hamil anak kedua mengingat jarak kehamilannya ini dengan anak pertamanya begitu dekat yaitu 10 bulan.

Lalu, apakah Vicky Shu melakukan tandem nursing atau melepas ASI saat hamil anak keduanya?

Vicky Shu membagikan cerita kehamilan anak keduanya di HaiBunda Live melalui instagram dan ia menjelaskan bila anak pertama Vicky menyapih secara sendirinya pada usia 10 bulan.

"Kebetulan ketika anakku 10 bulan, anak pertamaku tiba-tiba menyapih sendiri. Jadi, memang anaknya yang melepas sendiri, bahkan sebenarnya kami (Vicky dna suami) belum tahu kalau aku hamil," bebernya.

Tentu hal ini membuat Vicky Shu bingung dengan anak pertamanya yang tidak ingin menyusu lagi. Bahkan, dirinya juga merasa galau luar biasa karena hal ini. Sampai akhirnya Vicky melakukan pemeriksaan dan dirinya dinyatakan hamil anak kedua. Sehingga, mungkin hal ini yang membuat anak pertamanya tidak ingin menyusu lagi.

Akhirnya Vicky tidak melakukan tandem nursing atau menyusui dua anak sekaligus, karena dokter kandungannya khawatir akan terjadi kontraksi jika menyusui saat hamil.

Namun, dirinya juga mengingatkan pilihan tandem nursing atau lepas ASI ini harus dikonsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan.

"Jadi, ya itu kembali ke masing-masing ibu dan dikonsultasikan dengan dokter kandungan masing-masing, ya Bunda, karena yang tahu kondisi kita, yang memeriksanya, mungkin dokter atau bidan," jelasnya mengingatkan.

Di samping itu, dikutip dari Pregnancy birth & baby, kehamilan akan cenderung menghasilkan sedikit ASI, bahkan rasa ASI bisa berubah karena saat hamil biasanya akan terjadi produksi kolostrum.

Menyusui saat kehamilan masih bisa dilakukan, tetapi dengan catatan. Dilansir dari Healthline, selama kehamilannya sehat dan Si Ibu terjaga asupan kalori untuk dirinya sendiri dan janin yang ada dalam kandungan, maka aman menyusui saat hamil.

Akan tetapi menyusui saat kehamilan juga bisa menyebabkan kontraksi karena dapat memicu pelepasan oksitosin dan bisa membuat Si Ibu mengalami kontraksi yang lebih kuat dari biasanya.

Lalu, bagaimana menyusui yang aman selama masa kehamilan?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Cerita Vicky Shu Pernah Di-bully Gegara Berat Badan 86 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)