Sabtu, 26 Mar 2022 08:08 WIB

Batuk Berminggu-minggu Enggak Sembuh? Bisa Jadi karena TB, Bukan COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Batuk Foto: Thinkstock
Jakarta -

Ada banyak penyakit yang dapat memicu gejala batuk-batuk selain COVID-19. Hanya saja karena ini masa pandemi sebagian besar orang mungkin lebih mudah mencurigai batuk sebagai gejala COVID-19 dibanding penyakit lain.

Menanggapi hal tersebut, Dr Jenny Harries dari Health Security Agency Inggris mengingatkan soal ancaman tuberkulosis (TB). Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis ini tetap menjadi ancaman, menjadi penyakit infeksius mematikan kedua di dunia menurut perkiraan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dr Jenny mengatakan batuk yang tak kunjung sembuh setelah berminggu-minggu bisa jadi karena TB bukan COVID-19.

"Penting untuk diingat tidak semua kasus batuk terus-menerus bersamaan dengan demam adalah kasus COVID-19," kata Dr Jenny seperti dikutip dari BBC, dan ditulis Sabtu (26/3/2022).

"Batuk yang biasanya berlendir dan berlangsung lebih dari tiga minggu dapat disebabkan oleh berbagai penyakit lain, termasuk TB," kata lanjutnya.

Seseorang didorong tidak ragu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti batuk. Upaya penanggulangan TB di dunia terancam mengalami kemunduran di tengah pandemi karena sumber daya yang teralihkan.



Simak Video "Kepala BKKBN Sebut Tuberkulosis Lebih Mematikan Dibanding Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)