Minggu, 27 Mar 2022 17:00 WIB

Nyeri Saat Pipis? Ini Cara Mudah Atasi Infeksi Saluran Kemih

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Cropped image of beautiful young woman sitting on toilet. Her panties is hanging on her legs Foto: istock
Jakarta -

Jus cranberry bisa ditemukan dengan mudah di toko swalayan Indonesia karena dijual dalam bentuk kemasan. Buah ini memiliki warna merah dan rasa yang sedikit pahit serta asam.

Salah satu manfaat jus cranberry mampu menyembuhkan infeksi saluran kemih (ISK) pada perempuan. Infeksi saluran kemih sering terjadi pada perempuan karena adanya bakteri yang bersentuhan dengan uretra dan masuk ke kandung kemih, sehingga ini bisa menyebabkan infeksi dan juga peradangan.

Selain itu, infeksi saluran kemih menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil yang jadi gejala utama pada infeksi saluran kemih.

Apakah jus cranberry bisa mencegah infeksi saluran kemih?

Dikutip dari Healthline, jus cranberry telah lama menjadi obat tradisional yang populer untuk mengobati atau mencegah infeksi saluran kemih (ISK).

Kondisi ini terjadi ketika bakteri seperti Escherichia coli atau E.coli yang masuk dan tumbuh di saluran kemih, uretra, atau ginjal. Gejala ISK ringan termasuk rasa sakit, sensasi terbakar saat buang air kecil, sementara ISK yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius seperti infeksi ginjal.

Perawatan yang paling umum untuk ISK adalah antibiotik, meskipun antibiotik ini mungkin memiliki efek samping jangka panjang dan membunuh beberapa bakteri baik di usus. Karena itu, banyak orang tertarik untuk mencegah infeksi ini sejak awal.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ahli Wanti-wanti Gelombang Keempat Covid-19 Akan Lebih Panjang"
[Gambas:Video 20detik]