Senin, 28 Mar 2022 09:30 WIB

4 Penyebab Miss V Berjerawat, Amankah Dipencet?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Woman smears cream on her leg at home on the floor. Girl wears white towel. Skincare and beauty concept Foto: Getty Images/iStockphoto/Emilija Randjelovic
Jakarta -

Bukan cuma menyerang kulit wajah, jerawat juga bisa muncul di area sensitif seperti Miss V. Sama-sama bikin tidak nyaman, tetapi bisa kok diatasi.

Sama seperti jerawat pada umumnya, jerawat pada Miss V juga bisa memicu rasa nyeri dan gatal-gatal. Sedikitnya ada 4 penyebab jerawat muncul di vagina:

1. Dermatitis kontak

Merupakan reaksi yang timbul saat kulit bersentuhan dengan suatu bahan. Bisa berupa sabun, lotion, atau kondom dan pelumasnya.

2. Folikulitis

Infeksi pada folikel rambut juga bisa memicu jerawat pada Miss V, karena rambut banyak tumbuh di area tersebut. Folikulitis terjadi ketika rambut yang dipangkas tumbuh menusuk dan masuk ke dalam kulit. Biasanya terjadi usai dicukur habis.

3. Hidradenitis suppurativa (HS)

Disebut juga acne inversa, atau penyakit kronis pada kelenjar keringat. Kondisi ini memicu lesi mirip jerawat di sekitar vulva.

4. Molluscum contagiosum

Merupakan infeksi virus yang memicu jerawat di bagian tubuh manapun, tak terkecuali Miss V. Umumnya butuh pengobatan, sehingga harus diperiksakan ke dokter.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)