Senin, 28 Mar 2022 17:27 WIB

Penyebab GERD, Maia Estianty Baru Pertama Kali Mengalami

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Maia Estianty saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk. Maia Estianty (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Penyanyi Maia Estianty mengalami penyakit GERD atau (gastroesophageal reflux disease). Hal tersebut diketahui melalui postingan di Instagramnya.

Gara-gara hal itu, ibu tiga anak tersebut sampai harus dilarikan ke rumah sakit yang diantar oleh sang putra, Dul Jaelani.

"Pertama kali kena GERD... ampun deh.. sakitnya...," tulis Maia di akun @maiaestiatyreal.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr Aru Ariadno, Sp.PD KGEH, dari RS Brawijaya Depok, GERD merupakan suatu kondisi asam lambung yang keluar dari lambung dan naik ke kerongkongan atau esofagus sehingga menyebabkan iritasi.

"GERD adalah suatu kondisi di mana asam lambung atau isi dari lambung itu keluar dari lambung dan naik ke kerongkongan atau esofagus," katanya saat ditemui oleh detikcom, Senin (28/3/2022).

"Kalau asam lambung naik ke atas (kerongkongan) atau esofagus itu akan menyebabkan gangguan iritasi karena dinding dari esofagus atau kerongkongan itu tidak didesain untuk menahan asam," lanjutnya.

Apabila kondisi ini tak segera ditangani lebih lanjut, pengidap bisa saja mengalami sejumlah gangguan yang cukup serius, seperti heartburn (rasa terbakar di dada), sulit menelan, mulut pahit, gigi bolong, batuk, hingga kadang sakit telinga.

"Jadi rasa dada terbakar, rasa sulit menelan, beberapa kasus mulut pahit kalau bangun (di pagi hari), gigi kadang-kadang bolong, kadang-kadang batuk yang tidak jelas sumbernya kalau di malam hari, atau kadang sampai sakit telinga. Itu ada kemungkinan adalah GERD," tuturnya.

Penyebab GERD

Menurut dr Aru, seseorang mengalami GERD umumnya disebabkan oleh asam lambung berlebih yang dipicu dari pola hidup hingga pola makan yang buruk.

Selain itu, penyakit mag juga bisa menyebabkan GERD, terutama mag yang berlanjut dengan kerusakan otot akibat asam lambung.

"Pola hidup, pola makan mempengaruhi kondisi lambung dan kekambuhan penyakit," tutur dr Aru.

"Apakah mag bisa menyebabkan gerd? Bisa, apalagi sakit mag yang berlanjut dengan kerusakan otot tersebut akibat asam lambung," lanjutnya.

Sebagai informasi, mag merupakan penyakit yang mengganggu saluran pencernaan bagian atas dan lambung di dalam tubuh manusia. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, tergantung kondisi penyakit yang diidap oleh seseorang, seperti asam lambung, dispepsia, hingga gastritis.

Adapun penyebab penyakit mag sangat beragam, seperti psikis, makanan, konsumsi obat-obatan, hingga penyakit yang memicu gangguan pencernaan.

"Psikis (penyebab) paling berat. Kadang-kadang beberapa orang itu penyebabnya paling banyak itu adalah psikis. Orang-orang dengan gangguan psikologi yaitu akan menyebabkan asam lambung berlebih," tuturnya.

"Selain dari pikiran, bisa juga karena pola makan. Beberapa kasus, beberapa makanan, seperti kopi, kemudian (makanan) yang terlalu iritatif, terlalu spicy atau pedas, meskipun pada prinsipnya cabe boleh, tetapi beberapa kasus menyebabkan gangguan. Kemudian nangka, ketan, tape, itu juga bisa mengganggu asam lambung dan menyebabkan gangguan di saluran cerna," tuturnya.



Simak Video "Amankah Pengidap Asam Lambung Jalankan Puasa?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)