Selasa, 29 Mar 2022 07:37 WIB

Satgas: Warga Boleh Bukber, Tapi Dilarang Ngobrol

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral Bukber Tak Ada yang Datang, Ini 4 Etiket yang Harus Diperhatikan Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Satgas COVID-19 mengingatkan agar warga tetap disiplin protokol kesehatan menjelang Ramadan 2022. Dengan pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), kebiasaan buka puasa bersama atau bukber nantinya sudah bisa dilakukan, hanya saja dengan beberapa catatan.

Juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito menjelaskan sebagai contoh bukber dilakukan sambil menjaga jarak. Selain itu tidak perlu juga mengobrol dan jangan lupa cuci tangan saat makan.

"Kalau buka puasa bersama sebaiknya dijaga jarak yang cukup dan tidak usah berbicara pada saat makan. Jangan lupa cuci tangan sebelum makan supaya kita betul-betul bersih dan sehat," kata Wiku dalam Forum Merdeka Barat 9, seperti dikutip pada Selasa (29/3/2022).

"Jadi semua bisa dilakukan asal betul-betul adaptasinya dengan protokol kesehatan," lanjutnya.

Satgas COVID-19 bekerja sama dengan Kementerian Agama dan pemerintah daerah berusaha memastikan bahwa masyarakat memahami situasi COVID-19 di lingkungan masing-masing. Tiap daerah mungkin memiliki level PPKM berbeda sehingga semua pihak diharap Wiku bisa saling mengingatkan.

Simak Video 'Satgas Pastikan Ramadhan Tahun Ini Normal Seperti Dulu, Tapi...':

[Gambas:Video 20detik]



(fds/up)