ADVERTISEMENT

Selasa, 29 Mar 2022 22:00 WIB

Fakta-fakta Alopecia, Penyakit Autoimun yang Diidap Istri Will Smith

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Jada Pinkett Smith, left, and Will Smith appear in the audience at the Oscars on Sunday, March 27, 2022, at the Dolby Theatre in Los Angeles. (AP Photo/Chris Pizzello) Jada Pinkett dan Will Smith. (Foto: Chris Pizzello/Invision/AP)
Jakarta -

Aktor Hollywood, Will Smith menampar Chris Rock saat acara penghargaan Oscar 2022 karena melontarkan lelucon mengenai potongan rambut sang istri, Jada Pinkett Smith. Aksi penamparan itu dilakukan ketika Chris Rock hendak membacakan nominasi film dokumenter terbaik pada Minggu (27/3/2022) waktu setempat.

Diketahui, Jada Pinkett Smith memutuskan untuk memangkas habis rambutnya karena mengalami penyakit alopecia areata yang telah lama diidapnya. Penyakit tersebut telah diidap olehnya dari tahun 2018 lalu.

Lalu apa saja fakta mengenai penyakit alopecia? Berikut penjelasannya yang dikutip dari Health Central.

Fakta penyakit alopecia

Penyakit autoimun

Alopecia areata adalah penyakit autoimun ketika sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut. Pada alopecia areata, rambut rontok dalam bentuk bulat kecil berukuran seperempat dan terlihat seperti bercak di kepala. Namun beberapa kasus lain, kerontokan dapat berkembang hingga mencakup seluruh kulit kepala (alopecia areata totalis) atau menjalar hingga ke wajah dan tubuh (alopecia areata univeralis).

Rambut bisa tumbuh kembali

Pada alopecia areata, sel darah putih menyerang sel yang tumbuh dengan cepat di folikel rambut yang menyebabkannya memperlambat produksi rambut. Pada kasus ini sel punca terus membuat sel baru di folikel rambut tetapi tidak terpengaruh, hal ini berarti folikel selalu memiliki potensi untuk menumbuhkan kembali rambut.

Sering dimulai pada masa kanak-kanak

Seringkali kerontokan rambut dimulai pada masa kanak-kanak. Kondisi ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin, meskipun sebagian besar kasus terjadi sebelum usia 30 tahun.

Faktor genetik

Faktor genetik menjadi salah satu penyebabnya. Risiko meningkat jika ada anggota keluarga yang mengalami penyakit autoimun ini, dilihat jika ada anggota keluarga kehilangan sebagian besar rambut sebelum usia 30 tahun. Satu dari lima orang dengan alopecia memiliki anggota keluarga yang juga memilikinya.

Potensi pengobatan

Saat ini tidak ada obat untuk alopecia areata, meskipun ada beberapa bentuk pengobatan yang dapat disarankan oleh dokter untuk membantu rambut tumbuh kembali lebih cepat. Sebuah studi menyebutkan obat rheumatoid arthritis yang disebut tofacitinib citrate bisa memulihkan rambut kulit kepala, alis, bulu mata, wajah, ketiak, selangkangan dan rambut lainnya pada pasien yang mengalami alopecia universalis selama 25 tahun.



Simak Video "Alasan Alopecia yang Diidap Jada Pinkett Bukanlah Lelucon"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT