ADVERTISEMENT

Selasa, 29 Mar 2022 12:34 WIB

Penyintas Alopecia di Bandung Komentari Jokes Chris Rock: Bikin Down!

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jada Pinkett Smith, left, and Will Smith appear in the audience at the Oscars on Sunday, March 27, 2022, at the Dolby Theatre in Los Angeles. (AP Photo/Chris Pizzello) Jada Pinkett Smith dan Will Smith di Oscar 2022. Foto: Chris Pizzello/Invision/AP
Jakarta -

Panggung hiburan dunia tengah dibuat ramai oleh momen aktor Will Smith menampar komedian Chris Rock dalam Oscar 2022. Pasalnya di panggung acara tersebut, Chris Rock membuat candaan tentang rambut istri Will, Jada Pinkett Smith, yang rontok akibat penyakit alopecia atau alopecia areata.

Diketahui, alopecia adalah gangguan autoimun yang memicu kerontokan rambut. Efeknya bisa berbeda pada setiap orang. Beberapa orang hanya kehilangan rambut di beberapa area, sementara yang lain mengalami kerontokan rambut dalam jumlah amat banyak.

Seorang penyintas alopecia, Ahmad Ikhsan atau Ican (27) membagikan perjuangannya hidup dengan alopecia areata. Awalnya pada 2012, ia harus membotakkan rambut dalam ajang ospek di universitas. Namun saat hendak dicukur, ia menyadari ada area tertentu di kepalanya yang pitak.

"Aku pikir tadinya itu karena kesalahan tukang cukur jadi aku biarkan saja. Seiring berjalannya ospek sampai beres, itu rambutku sudah mulai tumbuh sedangkan di area pitak itu sendiri nggak tumbuh rambut sama sekali. Di situ aku mulai sedikit panik, sedikit takut juga. Bertanya-tanya, ini kenapa? Sampai akhirnya aku awalnya meng-cover itu dulu pakai aksesoris kepala, seperti topi, kupluk," ujar Ican pada detikcom, Selasa (29/3/2022).

"Sampai akhirnya areanya meluas dan aku ke dokter spesialis kulit waktu itu di Bandung. Itu pertama kali aku didiagnosa alopecia areata. Waktu itu cukup kaget karena autoimun ini nggak ada obatnya istilahnya. Ini kan sel imun dan sel imun ini makan sel-sel lain di tubuh," imbuhnya.

Ahmad Ihsan, penyintas alopecia areataAhmad Ikhsan, penyintas autoimun mengisahkan perjuangannya hidup dengan alopecia areata. Foto: Dokumen Pribadi Ahmad Ikhsan

Baginya, hal sulit dari penyakit ini bukan hanya perkara kerontokan rambut, melainkan juga tekanan psikologis. Pasalnya, sejumlah orang kerap membanding-bandingkan kondisi autoimun yang dialami Ican dengan pasien autoimun lain. Misalnya, dengan masalah serangan pada kulit. Dengan asumsi, manifestasi autoimun yang dialami Ican tak separah kondisi pasien lain.

"Ya kita semua pengidap autoimun dengan macam manifestasi yang berbeda pada penyakitnya, sama-sama struggle kok. Aku harap sih lebih banyak orang yang benar-benar aware kalau penyakit ini nyerangnya ke mental sih. Mungkin efeknya ada di fisik, tapi nyerangnya benar-benar kena di mental sebenarnya," kata Ican.

Ican juga angkat bicara perihal momen Oscar 2022. Tegaskan jokes Chris Rock tak lucu, simak pesan Ican di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Alasan Alopecia yang Diidap Jada Pinkett Bukanlah Lelucon"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT