Rabu, 30 Mar 2022 18:28 WIB

Berapa Lama Sperma Dapat Bertahan Hidup di Luar Tubuh?

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
ilustrasi sperma Ilustrasi sperma. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Siklus hidup sperma di luar tubuh pria dimulai pada saat ejakulasi. Beberapa mati dalam hitungan menit dan beberapa dapat hidup di mana saja hingga tujuh hari. Namun, sebagian besar hidup sekitar dua atau tiga hari di dalam sistem reproduksi wanita.

Dikutip dari Health Care, menurut University of California Santa Barbara (UCSB), pria saat ejakulasi bisa mengeluarkan hingga 500 juta sperma. Jangka waktu sperma bertahan hidup di luar tubuh sangat beragam, tergantung pada beberapa faktor termasuk lingkungan.

Berapa lama sperma hidup jika berada di luar tubuh wanita?

Ketika sperma berakhir di luar tubuh wanita, ia hidup hanya beberapa menit. Sperma membutuhkan kelembapan dan kehangatan untuk hidup, jadi begitu terkena udara, mereka cepat mati. Begitu air mani mengering, sperma di dalamnya akan mati.

Cairan pra-ejakulasi dapat mengandung sperma dan dapat tertinggal di dalam vagina sebelum mengeluarkannya. Selain itu, jika air mani berdekatan dengan vagina kemungkinan sperma akan bertahan hidup hingga 20 menit karena di sekitaran vagina memiliki kehangatan dan kelembapan.

Metode 'keluar di luar' tidak efektif karena cairan pra-ejakulasi mengandung sperma dan sulit untuk mengantisipasi kapan cairan itu akan keluar sehingga menghindari sperma di dalam vagina.

Berapa lama masa hidup sperma di dalam tubuh wanita?

Ketika sedang merencanakan kehamilan, sudah seharusnya untuk melakukan ejakulasi di dalam. Maka dari itu, masa hidup sperma pun lebih lama apabila dibandingkan dengan sperma yang berada di luar tubuh.

Jadi, berapa lama sperma dapat bertahan di dalam rahim?

Di lingkungan yang sempurna yaitu di dalam tubuh wanita, sperma dapat bertahan hidup selama lima hari. Inilah sebabnya masih ada kemungkinan untuk hamil jika melakukan hubungan seksual tanpa kondom di masa subur.

Apabila sedang ovulasi setelah selesai menstruasi, sperma mungkin masih hidup dan dapat membuahi sel telur. Namun, umumnya sperma akan mati pada hari-hari pertama setelah masuk dalam vagina karena tidak bisa bertahan hidup.

Hal ini berpengaruh dengan kualitas sperma yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu, pastikan memiliki ciri-ciri sperma yang sehat dan subur. Sperma akan mulai berenang setelah disimpan ke dalam vagina, kemudian bergerak melalui leher rahim untuk mencapai rahim.

Terlebih lagi, tubuh wanita menghasilkan lendir untuk memudahkan mereka berenang menemukan sel telur. Sperma dapat berenang di dalam tubuh wanita selama 45 menit hingga 12 jam.



Simak Video "Jarang Ejakulasi Sebabkan Kanker Prostat?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)