Awas! Ini 3 Tanda Air Mani Pria yang Tak Sehat

ADVERTISEMENT

Awas! Ini 3 Tanda Air Mani Pria yang Tak Sehat

Rosiana Putri Muliandari - detikHealth
Jumat, 25 Mar 2022 21:00 WIB
Duh! Pria Ini Dipenjara Karena Ketahuan Menaruh Air Mani di Makanan Wanita
Tanda air mani tidak sehat (Foto: Juice Online/iStock)
Jakarta -

Tubuh manusia memiliki berbagai cara untuk menunjukkan bahwa kesehatan sedang menurun. Contohnya seperti jika kita terus-terusan merasa lelah, itu dapat menjadi sebuah penunjuk bahwa tubuh dehidrasi atau bahkan imunitas tubuh sedang turun.

Tidak sering diketahui, ternyata, kualitas air mani yang keluar saat ejakulasi dapat menjadi penanda bahwa sedang ada masalah kesehatan di tubuh pria. Melansir dari Verywell Health, berikut tiga cara mengetahuinya.

1. Volume air mani yang terlalu sedikit

Meskipun volumenya berbeda-beda, beberapa riset yang dirilis di Journal of Andrology, menyatakan bahwa volume rata-rata air mani yang keluar saat ejakulasi adalah sekitar 3,4 milimeter atau dua pertiga sendok teh.

Jika volume yang dikeluarkan kurang dari volume rata-rata atau kurang dari sekitar sepertiga sendok teh, ini dapat menjadi sebuah pertanda ejakulasi retrogade atau ejakulasi terbalik. Kondisi ini adalah saat sperma kembali masuk ke kandung kemih.

Volume air mani yang sedikit juga dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang dehidrasi.

2. Bau yang tidak biasa

Sama seperti volume, bau air mani berbeda-beda tiap orang. Bau air mani yang normal adalah seperti bau klorin. Disarankan untuk segera pergi ke dokter jika bau busuk keluar dari air mani karena bau ini dapat menunjukkan infeksi saluran kemih atau penyakit menular seksual seperti klamidia atau gonore (kencing nanah).

3. Warna yang tidak wajar

Normalnya air mani berwarna putih pucat atau kekuningan. Perubahan warna air mani ini sering tidak diperhatikan, namun jika warna yang keluar adalah merah, coklat, kuning pekat, atau hijau, ini dapat menunjukkan adanya masalah kesehatan.

Warna air mani merah atau coklat dapat menjadi pertanda hematospermia atau adanya darah pada cairan sperma. Kondisi ini bisa disebabkan infeksi, trauma, hingga adanya tumor.

Sementara jika air mani berwarna kuning pekat atau hijau, ini juga dapat menjadi penanda masalah kesehatan yang lebih serius. Warna air mani ini dapat menunjukkan adanya penyakit menular seksual atau radang prostat.



Simak Video "Friends with Benefits, Teman tapi Mesra Versi Upgrade"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT