3 Buah yang Mengandung Vitamin D, Bantu Penyembuhan COVID-19

ADVERTISEMENT

3 Buah yang Mengandung Vitamin D, Bantu Penyembuhan COVID-19

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 30 Mar 2022 20:45 WIB
vitamin d
Buah yang mengandung vitamin D (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Beragam vitamin diperlukan untuk menjaga imunitas tubuh, salah satunya vitamin D. Kebutuhan vitamin ini bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi suplemen, makanan, hingga buah yang mengandung vitamin D

DIkutip dari laman Healthline, Rabu (30/3/2022), penelitian dari University of Chicago Medicine menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dengan risiko COVID-19.

Diketahui bahwa kebutuhan vitamin D yang tercukupi dipercaya dapat mengurangi tingkat keparahan orang yang terpapar Corona sehingga membantu proses pemulihan.

Vitamin D juga berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan paru-paru dan organ jantung, serta mencegah penyakit kanker.

Buah yang Mengandung Vitamin D

Selain suplemen dan makanan, apa saja buah yang mengandung vitamin D? Simak informasi berikut.

1. Pisang

Pisang sebenarnya bukanlah buah yang mengandung vitamin D. Namun, pisang kaya akan magnesium yang bisa membantu mengaktifkan vitamin D dalam tubuh.

Berdasarkan ulasan yang diterbitkan dalam Journal of American Osteopathic Association, penting untuk mengonsumsi jumlah magnesium yang disarankan untuk mendapatkan manfaat vitamin D yang optimal.

2. Jeruk

Buah yang mengandung vitamin D berikutnya adalah jeruk. Diketahui sekitar 75 persen orang di seluruh dunia mengalami alergi terhadap susu dan tidak toleran laktosa. Juga, beberapa ada yang vegan atau seseorang yang menerapkan hidup tanpa mengkonsumsi makanan dari hewani.

Oleh karena itu, beberapa negara pun membentengi jeruk atau jus jeruk dengan vitamin D dan nutrisi lain, seperti kalsium.

Satu cangkir sekitar 237 ml jus jeruk yang telah diolah dapat mengandung hingga 100 IU vitamin D atau sanggup memenuhi kebutuhan vitamin D harian hingga 12 persen.

3 Kiwi

Buah yang mengandung vitamin D yang lain adalah kiwi. Selain mengandung vitamin C yang cukup tinggi, kiwi juga menjadi buah yang mengandung vitamin D. Jika berniat menambah vitamin D untuk tubuh lewat buah-buahan, kiwi bisa jadi pilihan.

Setelah mengetahui buah yang mengandung vitamin D, masyarakat juga perlu tahu kekurangan dan kelebihan dari vitamin ini. Pasalnya, kekurangan dan kelebihan vitamin D dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Dikutip dari Ciputra Hospital, berikut informasinya.

Kekurangan Vitamin D

  • Mudah terinfeksi virus atau bakteri yang menyebabkan flu
  • Mudah mengalami kelelahan
  • Mengalami sakit pada tulang atau punggung
  • Mudah mengalami depresi
  • Terhambatnya penyembuhan luka akibat cedera atau setelah operasi
  • Mengalami osteoporosis
  • Mengalami kerontokan rambut
  • Mengalami kerusakan pada gigi
  • Mengalami rakitis pada anak-anak
  • Kelahiran prematur

Kelebihan Vitamin D

  • Mengalami mual, muntah-muntah hingga kehilangan nafsu makan
  • Berisiko mengalami gagal ginjal
  • Mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, sakit perut hingga diare
  • Meningkatnya kadar kalsium dalam darah
  • Memicu terjadinya pengeroposan tulang

"Jadi vitamin D itu ada batas dosisnya dan kita bisa periksa kadar vitamin D di dalam darah dan kebutuhan setiap orang itu berbeda-beda," tutur dr Aida Lydia, spPD-KGH, dokter spesialis penyakit dalam sekaligus konsultan ginjal hipertensi, dalam webinar virtual Hari Ginjal Sedunia, Rabu (9/3/2022).

Meskipun demikian, meningkatkan asupan vitamin D dalam tubuh sebenarnya tidak sulit. Selain mengonsumsi buah yang mengandung vitamin D, pasien COVID-19 juga bisa berjemur.

"Bila memungkinkan, kalau ada teras di rumah, itu berjemur sekitar 10-15 menit. Ini bisa dilakukan setiap hari dan rentang waktunya cukup panjang antara jam 9-13.00," tutur dokter spesialis paru senior dari RS Persahabatan dan Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan, SpP(K), dalam siaran langsung Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan, Selasa (22/2/2022).



Simak Video "Simak! Petunjuk Konsumsi Suplemen Vitamin D untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT