Kamis, 31 Mar 2022 08:00 WIB

WHO Mulai Siapkan Skenario Berakhirnya Darurat Pandemi COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mulai menyiapkan rencana untuk mengakhiri fase darurat pandemi COVID-19 pada 2022. Setidaknya ada tiga skenario yang disiapkan.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan skenario apa yang berjalan akan sangat tergantung dari arah evolusi SARS-COV-2 sebagai virus. Prediksi umumnya adalah virus terus berevolusi, namun menyebabkan gejala yang ringan.

Pada skenario umum tersebut vaksin booster akan tetap direkomendasikan pada kelompok berisiko secara berkala. Ini karena COVID-19 kemungkinan akan menjadi penyakit musiman, seperti influenza, dengan risiko kasus melonjak di musim dingin.

"Berdasarkan apa yang kita ketahui sekarang, skenario yang paling mungkin terjadi adalah virus COVID-19 terus berevolusi, tetapi tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkannya berkurang seiring waktu karena kekebalan yang dipicu vaksinasi dan infeksi," ungkap Tedros seperti dikutip dari Reuters, Kamis (31/3/2022).

WHO juga menyiapkan skenario terburuk dari pandemi, yaitu bila ternyata malah muncul mutasi yang malah membuat virus semakin ganas. Pada skenario ini imunitas yang sudah dimiliki warga global mungkin jadi kurang efektif dan jenis vaksin yang ada perlu diperbarui.

Negara-negara didorong untuk terus meningkatkan pengawasan, memonitor kemunculan varian baru COVID-19 demi membantu arah penerapan strategi pandemi.

(fds/fds)