Apa Itu Afasia? Kondisi Otak yang Diidap Aktor Bruce Willis

ADVERTISEMENT

Apa Itu Afasia? Kondisi Otak yang Diidap Aktor Bruce Willis

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 31 Mar 2022 08:32 WIB
Jakarta -

Aktor Hollywood, Bruce Willis, memilih pensiun dari dunia akting setelah didiagnosis dengan penyakit afasia. Kondisi ini dilaporkan membuat Bruce mengalami gangguan dalam kemampuan berpikirnya.

"Ini adalah waktu yang sangat berat bagi keluarga kami dan kami sangat menghargai cinta, kasih sayang, dan dukungan Anda yang berkelanjutan," tulis pernyataan keluarga Bruce seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (31/3/2022).

Menurut WebMD, afasia adalah gangguan komunikasi yang membuat seseorang kesulitan menggunakan kata-kata lisan atau tulisan. Ini terjadi karena kerusakan pada bagian otak yang memproses bahasa, biasanya akibat stroke, trauma, atau penyakit saraf lainnya.

Gejala dari afasia bisa berupa:

  • Kesulitan bicara
  • Sulit menggunakan kata atau istilah yang tepat
  • Kerap memakai kata yang keliru
  • Kesulitan memahami lawan bicara
  • Kesulitan menulis
  • Berbicara dengan kalimat singkat atau sederhana

"Orang yang mengidap afasia mungkin mengalami kesulitan berbicara dan menemukan kata-kata yang tepat. Mereka mungkin juga memiliki masalah dalam memahami percakapan, membaca dan memahami kata-kata tertulis, menulis kata, serta menggunakan angka," tulis WebMD.

Kondisi afasia bisa dibantu menjadi lebih baik lewat terapi bicara. Seorang terapis akan menemukan cara bagaimana pengidap bisa berkomunikasi lebih efektif dengan keterbatasannya.

(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT