Jumat, 01 Apr 2022 07:00 WIB

4 Obat Sariawan Alami, Bantu Percepat Proses Penyembuhan

Patrick - detikHealth
Sariawan tanda penyakit lain Obat sariawan alami (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Obat sariawan dengan bahan alami terbukti ampuh percepat proses penyembuhan. Sariawan terjadi di dalam mulut atau di gusi seseorang. Meskipun sariawan bisa membuat seseorang menjadi sulit untuk berbicara atau makan, namun biasanya sariawan tidak menyebabkan kerusakan permanen.

Kebanyakan sariawan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Apalagi jika dibantu dengan obat sariawan alami. Beberapa pengobatan rumahan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Namun ingat, tidak ada obat yang dapat menyembuhkan sariawan dalam semalam.

4 Obat Sariawan Alami Ini Bantu Percepat Proses Penyembuhan

Dikutip dari Healthline, setidaknya ada empat obat sariawan alami yang bisa bantu percepat proses penyembuhan, antara lain:

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur menggunakan air garam adalah obat sariawan rumahan. Meskipun terasa perih, namun cara ini ampuh untuk atasi segala jenis sariawan. Berkumur dengan air garam dapat membantu mengeringkan sariawan.

Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Larutkan 1 sendok teh garam ke dalam 1/2 cangkir air hangat.
  • Kumur selama 15 hingga 30 detik, lalu keluarkan.
  • Ulangi setiap beberapa jam sesuai kebutuhan.

2. Yogurt

Sariawan bisa saja disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) atau penyakit radang usus.

Studi dari tahun 2007 telah menunjukkan bahwa bakteri lactobacillus dapat membantu membasmi H. pylori dan mengobati beberapa jenis penyakit radang usus. Secara teori, jika salah satu dari kondisi tersebut menyebabkan sariawan, makan yogurt yang mengandung bakteri baik dapat membantu dan bermanfaat jadi obat sariawan alami.

Untuk bantu cegah atau mengobati sariawan, makanlah setidaknya 1 porsi yogurt setiap hari.

3. Madu

Madu dikenal karena kemampuan antibakteri-nya Menurut sebuah studi tahun 2014, madu efektif dalam mengurangi nyeri akibat sariawan. Madu juga dapat membantu mencegah infeksi sekunder.

Untuk menggunakannya, oleskan madu ke bagian yang sakit empat kali sehari. Dengan pemakaian yang rutin, madu dapat menjadi obat sariawan alami.

4. Minyak kelapa

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki kemampuan antimikroba yang baik. Kandungannya dipercaya sebagai obat sariawan alami. Minyak kelapa bantu atasi sariawan yang disebabkan oleh bakteri dan mencegahnya untuk dapat menyebar. Minyak kelapa juga merupakan anti-inflamasi alami dan dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

Untuk menggunakannya, oleskan minyak kelapa ke bagian yang sakit. Lakukan hingga beberapa kali sampai sariawan hilang.



Simak Video "Penggunaan Ganja Medis Juga Punya Risiko, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)