Sabtu, 02 Apr 2022 16:00 WIB

3 Tips yang Wajib Diingat Agar Tak Ngantuk saat Salat Tarawih

Rosiana Muliandari - detikHealth
Pelaksanaan salat tarawih di Masjid Al-Azhar Jakarta Selatan 3 tips agar tidak ngantuk saat salat tarawih. (Foto: Karin/detikcom)
Jakarta -

Melakukan salat Tarawih di bulan Ramadan tentunya menjadi sebuah keharusan bagi umat muslim yang melaksanakannya. Namun, tidak sedikit yang pernah mengantuk di tengah pelaksanaan salat Tarawih.

Rasa lapar dan haus ditambah aktivitas yang banyak pada siang hari dapat menjadi salah satu penyebab rasa kantuk. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 3 tips yang wajib diingat agar dapat melawan rasa kantuk saat
Tarawih agar dapat beribadah lebih fokus.

1. Jangan Makan Terlalu Banyak Saat Berbuka

Perlu diingat, jangan terlalu gegabah dan langsung mengambil porsi makanan yang terlalu banyak saat berbuka puasa. Selain dapat mengagetkan pencernaan, makan terlalu banyak dapat menyebabkan rasa kantuk dan kelelahan.

Jauhkanlah memakan makanan yang tinggi karbohidrat (termasuk manis-manisan) dan protein. Dikutip dari Medical News Today, karbohidrat dan protein dapat membantu memproduksi serotonin, salah satu hormon bahagia yang dapat membantu memperbaiki siklus tidur.

2. Pastikan Membawa Air Putih

Mengkonsumsi air putih, bukan jenis minuman lainnya, dapat membantu melawan rasa ngantuk saat Tarawih. Kurang minum, atau bahkan hingga dehidrasi, dapat menimbulkan rasa lelah yang dapat memicu rasa kantuk. Dengan meminum air putih saat Tarawih, rasa kantuk dapat dilawan dan ibadah dapat lebih fokus dan khusyuk.

3. Perhatikan Jadwal Tidur

Puasa dapat saja merubah jadwal tidur seseorang. Mereka yang biasanya bangun agak siang, harus bangun lebih pagi untuk sahur. Kelelahan ini dapat saja berdampak pada salat Tarawih di malam harinya.

Untuk mengatasi ini, pastikan meluangkan waktu untuk tidur siang atau sore selama satu hingga dua jam di tengah kesibukan sehari-hari. Perlu diingat juga untuk tidak begadang di malam harinya dan tetap mendapatkan durasi tidur yang cukup.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)