Sabtu, 02 Apr 2022 17:30 WIB

Warga Jabodetabek! Begini Aturan Tarawih PPKM Level 2

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, bakal menggelar salat Tarawih berjemaah, Jumat (1/4/2022) malam. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Memasuki bulan Ramadan, wilayah Jabodetabek masih berada di PPKM level 2 hingga 4 April 2022 mendatang. Adapun sejumlah aturan yang berlaku selama Jabodetabek masih di level 2, salah satunya aturan untuk menjalankan tarawih.

Untuk wilayah Jabodetabek, kegiatan peribadatan bisa dilakukan dengan kapasitas 75 persen. Hal ini tercantum dalam Surat Edaran Kementerian Agama RI Nomor 06 Tahun 2022.

"Level 2, dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjemaah/kolektif selama masa penerapan PPKM dengan jumlah jemaah paling banyak 75% (tujuh puluh lima persen) dari kapasitas dengan menerapkan protokol kesehatan," demikian bunyi edaran yang dikutip dari laman resmi Satgas COVID-19.

Selain itu, ada sejumlah aturan yang wajib diterapkan masyarakat selama menjalankan ibadah tarawih. Berikut protokol COVID-19 selama peribadatan:

  • Menggunakan masker dengan baik dan benar
  • Menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan
    menggunakan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer
  • Dalam kondisi sehat (suhu badan di bawah 37 derajat celcius)
  • Tidak sedang menjalani isolasi mandiri
  • Membawa perlengkapan peribadatan atau keagamaan masing masing
    (sajadah, mukena, dan sebagainya)

Bagi pengurus dan pengelola tempat ibadah, wajib menyediakan fasilitas protokol kesehatan. Misalnya seperti alat pengukur suhu tubuh, hand sanitizer atau sarana cuci tangan dengan air yang mengalir, dan ketersediaan cadangan masker.

Pengurus tempat ibadah juga diminta untuk mengimbau jemaah yang tidak sehat atau kelompok rentan, seperti lansia 60 tahun ke atas, orang dengan komorbid, dan ibu hamil serta menyusui untuk beribadah di rumah masing-masing.

Diwajibkan juga untuk mendisinfeksi ruangan kegiatan ibadah secara rutin dan memastikan memiliki ventilasi udara yang baik. Sinar matahari diharuskan masuk apabila AC dipakai secara berkala.



Simak Video "Jakarta Level 2, Epidemiolog Minta Perbanyak WFH"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)