Minggu, 03 Apr 2022 11:35 WIB

Cek Ciri-ciri Kolesterol Tinggi Saat Puasa, Bisa Picu Penyakit Jantung

Tasya Kania Azzahra - detikHealth
Ilustrasi Kolesterol Foto: shutterstock
Jakarta -

Makanan bersantan, gorengan, dan makanan manis yang tersaji saat puasa bisa picu kolesterol. Ciri-ciri kolesterol ini biasanya hadir akibat pola makan yang tidak sehat.

Kolesterol sebenarnya ada di setiap tubuh manusia. Namun, jika kolesterol dalam tubuh terlalu banyak bisa berdampak pada penyumbatan darah, penyakit jantung, dan hipertensi.

Selain, pola makan yang berantakan, jarang aktivitas fisik juga memicu kolesterol tinggi.

Apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi?

1.Sering Sakit Kepala

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang pertama adalah sering sakit kepala, sakit kepala juga akibat tekanan darah tinggi atau hipertensi.

2.Tengkuk dan bahu terasa pegal dan kaku

Akibat adanya penyempitan pembuluh darah arteri di dalam tubuh, hal ini menjadi tanda-tanda kolesterol tinggi. Penyumbatan arteri di sekitar dada juga bisa menyebabkan tengkuk terasa pegal.

3.Munculnya benjolan pada tendon persendian

Ciri-ciri kolesterol tinggi selanjutnya adalah munculnya benjolan pada tendon persendian atau biasanya muncul di dekat urat buku jari. Benjolan ini terjadi akibat penumpukan kolesterol berbulan-bulan.

4.Sering merasa lelah

Kolesterol yang tinggi di dalam tubuh bisa membuat berkurangnya aliran dalam ke tubuh. Sehingga, hal ini sering membuat pasiennya merasa lelah.

5. Sering merasa sesak napas

Ciri-ciri kolesterol yang terakhir adalah sering sesak napas dan sakit disekitar dada. Hati-hati, gejala ini sering terjadi oleh penderita riwayat penyakit jantung.



Simak Video "Cara Mengetahui Status Gizi, Kamu Termasuk Normal atau Obesitas?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)