Minggu, 03 Apr 2022 17:30 WIB

Tahan Dulu Makan Mie Instan Saat Buka Puasa, Ini Alasannya

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Masak Mie Instan Tahan dulu makan mie instan buat buka puasa, ini alasannya (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Saat berbuka puasa atau sahur tentu makanan instan seperti mie sangatlah gampang untuk dibuat. Namun sayang, mengkonsumsi mie instan nyatanya memiliki efek buruk bagi kesehatan, terlebih lagi saat seseorang tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Maka dari itu tak menganjurkan mie instan dijadikan sebagai menu buka puasa karena kandungan nutrisinya tak cukup untuk tubuh, apalagi dalam waktu puasa.

Kandungan gizi dalam mie instan, hanya terdapat sebagian besar karbohidrat atau kalori sehingga orang yang mengkonsumsinya akan cenderung lebih cepat lapar.

Dengan begitu, ketika seseorang menyantap mie instan saat buka puasa, mereka cenderung akan mengkonsumsi makanan berlebih karena masih saja merasa lapar setelah mengonsumsi mie instan tersebut.

Mie biasanya diolah dengan berbagai bumbu tambahan yang justru kurang baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari micin alias MSG hingga sodium atau garam dalam jumlah banyak sebagai perasa.

Kandungan karbohidrat yang ada di dalam mie juga tinggi, meski memang diperlukan untuk mengganti energi yang hilang tapi beberapa orang tidak dianjurkan makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat.

Ahli Gizi Mochammad Rizal, S.Gz menganjurkan mengkonsumsi mie instan pada saat berbuka puasa untuk menambahkan sayur dan protein di dalamnya agar lebih sehat ketika dimakan.

"Mie itu bahan nya dari tepung terigu, tepung terigu sendiri adalah sumber karbohidrat. Jadi mie instan itu sumber karbohidrat, jika mengkonsumsi mie instan saja maka kurang seimbang perlu ditambah sayur-sayuran dan protein biar makin lengkap." jelasnya.

Oleh karena itu sebaiknya hindari saat berbuka puasa mengkonsumsi mie instan karena dikhawatirkan akan membuat pencernaan terkejut.

Apabila berbuka puasa sebaiknya dibuka dengan minuman manis, air putih atau kurma. Hal itu sangat berguna untuk mengembalikan kembali energi di dalam tubuh yang sudah seharian penuh tidak ada asupan.

(kna/kna)