Cegah Begah, Jangan Langsung Makan Berat Saat Buka Puasa

ADVERTISEMENT

Cegah Begah, Jangan Langsung Makan Berat Saat Buka Puasa

Firdaus Anwar - detikHealth
Senin, 04 Apr 2022 17:07 WIB
5 Tips Memilih Restoran untuk Buka Puasa Bersama
Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Saat berbuka puasa disarankan mengonsumsi kudapan dan air putih untuk mengembalikan cairan tubuh. Meski mungkin seseorang merasa lapar, ahli menyarankan menahan diri jangan langsung makan 'berat' agar perut tidak begah.

Bila perut yang sudah lama tidak terisi makanan tiba-tiba penuh, maka produksi asam lambung dapat terstimulasi. Hal ini yang kemudian bisa menjadi penyebab perasaan tidak nyaman pada perut.

Menurut dokter gizi Rumah Sakit MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, dr Fiastuti Witjaksono, SpGK, sebaiknya menunggu 30-45 menit setelah buka puasa sebelum mengonsumsi makanan berat yaitu nasi dan lauk-pauknya. Seorang muslim bisa menghabiskan waktu untuk salat terlebih dahulu selama menunggu.

"Kalau ditanya berapa jam? biasanya kita ga lama-lama. Habis salat magrib, baru abis itu makan. Ya mungkin setengah jam sampai 45 menit," kata dr Fiastuti beberapa waktu lalu.

"Karena kalau kita langsung isi makanan berat terus baru salat magrib, kan nggak enak juga kalau perut penuh terus kita salat. Mungkin kaya mau muntah gitu kan, nah maksudnya supaya hal ini tidak terjadi," tutupnya.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT