Pengakuan Eks Manajer MU Louis Van Gaal, Diam-diam Idap Kanker Prostat

ADVERTISEMENT

Pengakuan Eks Manajer MU Louis Van Gaal, Diam-diam Idap Kanker Prostat

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Senin, 04 Apr 2022 18:00 WIB
LONDON, ENGLAND - MAY 21:  Louis van Gaal Manager of Manchester United applauds the fans after winning The Emirates FA Cup Final match between Manchester United and Crystal Palace at Wembley Stadium on May 21, 2016 in London, England. Man Utd won 2-1 after extra time.  (Photo by Mike Hewitt/Getty Images)
Foto: Getty Images/Mike Hewitt
Jakarta -

Kabar mengejutkan datang dari mantan manajer Manchester United, Louis van Gaal. Dirinya mengaku tengah menjalani perawatan untuk kanker prostat.

Pelatih asal Belanda yang kini bertanggung jawab untuk tim nasional negara tersebut mengumumkan mengidap kanker prostat dalam program TV Belanda Humberto, Minggu (3/4). Ia semula merahasiakan hal ini dari para pemainnya.

"Saya tidak ingin menceritakannya kepada pemain saya karena itu bisa mempengaruhi penampilan mereka," jelas pria berusia 70 tahun, dikutip dari BBC.

Van Gaal berada dalam masa jabatan ketiganya sebagai pelatih kepala Belanda, setelah membawa mereka ke tempat ketiga di Piala Dunia 2014 dan sekarang ke putaran final 2022 di Qatar.

"Dalam setiap periode saya menjadi manajer tim nasional, saya harus pergi ke RS pada malam hari tanpa diketahui para pemain. Sambil berpikir saya sebenarnya baik-baik saja, tapi ternyata tidak."

Selama dua tahun di Manchester United, Van Gaal juga mencetak kesuksesan seperti Piala FA di 2016 sebelum ia digantikan oleh Jose Mourinho. Dia juga telah memenangkan gelar liga bersama Barcelona, Bayern Munich, AZ Alkmaar dan Ajax, dia memimpin tim Belanda meraih kejayaan Liga Champions 1995 silam.

Kemenangan itu datang hanya setahun setelah istri pertama Van Gaal, Fernanda Obbes, meninggal setelah didiagnosis mengidap kanker hati dan pankreas.

Berbicara dalam sebuah wawancara untuk mempromosikan film baru tentang hidupnya, Van Gaal bercerita terkait penyakitnya dan sang istri.

"Saya telah melalui banyak penyakit, termasuk dengan istri saya sendiri. Jadi itu hanya bagian dari kehidupan. (Saya) sebagai manusia mungkin menjadi lebih kaya karena semua pengalaman itu."



Simak Video "Pantangan Makanan untuk Pasien Kanker Prostat"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT