Selasa, 05 Apr 2022 12:15 WIB

8 Tips Agar Maag Tidak Kambuh saat Puasa, Nggak Perlu Obat!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Asian beautiful women feel menstrual cramps and stomachache after menstruation.Hand holding stomach and belly after taking a medication.Problem and disorder of female body. Tips agar maag tidak kambuh saat puasa (Foto: Getty Images/iStockphoto/bunditinay)
Jakarta -

Ada sejumlah tips agar maag tak kambuh saat puasa. Mengingat saat berpuasa beberapa orang mungkin mengalami gangguan pencernaan atau maag kambuh.

Sebagai informasi, maag merupakan penyakit yang kerap dikeluhkan oleh banyak orang. Penyakit ini umumnya mengganggu saluran pencernaan bagian atas dan lambung di dalam tubuh manusia.

Penyebab maag pun bisa bermacam-macam tergantung kondisi yang dialami oleh pengidapnya, seperti asam lambung, gastritis, GERD, hingga dispepsia.

"Mag itu dari kalimat mag, mag artinya lambung 'de-maag' itu dari bahasa Belanda. Jadi suatu penyakit yang mengganggu lambung, pencernaan bagian atas," tutur dr Aru Ariadno, SpPD KGEH, dari RS Brawijaya Depok, saat ditemui oleh detikcom, Senin (28/3/2022).

Pada saat puasa, menyembuhkan maag mungkin akan lebih sulit lantaran tak diperbolehkan makan dan minum obat untuk mengatasi nyerinya. Hal inilah yang menyebabkan seseorang menahan rasa sakit seharian hingga waktu berbuka puasa.

Daripada harus tersiksa seharian dan sulit menjalani aktivitas, sebaiknya melakukan beberapa pencegahan.

Tips Agar Maag Tidak Kambuh saat Puasa

Dikutip dari berbagai sumber, Selasa (5/4/2022), berikut tips agar maag tidak kambuh saat puasa.

1. Jangan Melewati Waktu Sahur

Tips agar maag tidak kambuh saat puasa, cobalah untuk tidak melewati waktu sahur. Pasalnya, hal ini merupakan kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan, terutama bagi pengidap penyakit maag.

Risiko maag kambuh akan semakin meningkat apabila pengidapnya melewati sahur dan menyebabkan perut kosong yang lebih lama.

2. Konsumsi Makanan yang Kaya Serat

Selain jangan melewati sahur, tips agar maag tidak kambuh saat puasa berikutnya usahakan makan yang penuh serat. Makanan ini bisa membantu seseorang untuk merasa kenyang lebih lama.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayur pada saat sahur ya.

3. Hindari Makanan Pemicu Maag

Hindari makanan yang sulit dicerna oleh tubuh, seperti gorengan, makanan berlemak, dan lainnya. Begitu juga dengan makanan pedas yang dapat merusak dinding lambung.

4. Hindari Stres

Tips agar maag tidak kambuh saat puasa selanjutnya adalah jangan stres. Pasalnya, stres dapat meningkatkan produksi asam lambung. Hindari kegiatan yang membuat stres dan tertekan.

5. Jangan Minum Sembarangan

Selain makanan, hindari juga minuman yang dapat memicu maag, seperti kopi, teh, dan minuman yang bersoda. Sebab, minuman-minuman tersebut dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Usahakan untuk memperbanyak konsumsi air putih 8 gelas sehari yang diminum pada waktu buka puasa, setelah salat, sebelum tidur, dan saat sahur.

"Kita bisa ganti pada waktu berbuka, kita minum mungkin dua gelas, setelah shalat tarawih bisa dua gelas, kemudian malam sebelum tidur bisa dua gelas, sama pada waktu sahur. Jadi bisa kita kerjakan sesuai aturannya," tutur dr Aru saat ditemui oleh detikcom, Senin (28/3/2022).

6. Berbuka Tepat Waktu

Meski sedang sibuk menjalani aktivitas, usahakan untuk tetap berbuka tepat waktu. Ini berguna untuk mencegah maag tidak kambuh. Jadi, jangan menunda-nunda ya! Usahakan menyiapkan sejumlah makanan ringan apabila sedang dalam perjalanan.

7. Makanlah dengan Porsi Sedikit Tetapi Sering

Makan dengan porsi sedikit juga bisa menjadi tips agar maag tidak kambuh saat puasa. Makan yang terlalu banyak biasanya dapat membuat lambung akan teregang dan perut menjadi begah.

Lebih baik mengkonsumsi makanan ringan saat berbuka puasa dan dilanjutkan makan berat usai menjalani ibadah salat.

8. Hindari Rebahan Setelah Makan

Habis melahap makanan saat berbuka puasa, jangan langsung rebahan di kasur. Pasalnya, ini dapat membuat asam lambung naik ke tenggorokan.

Apabila ingin rebahan, setidaknya tunggu 30 menit setelah makan ya.

Itulah tips agar maag tidak kambuh saat puasa tanpa obat. Usahakan tetap menjaga kesehatan agar ibadah puasa berjalan secara optimal dan efektif.



Simak Video "Kenali Lagi Khasiat Puasa untuk Kesehatan dari Kacamata Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)