Selasa, 05 Apr 2022 21:00 WIB

Duh, Inggris Tarik Camilan Cokelat Kinder Terkait Dugaan Wabah Salmonella

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kinder Surprise Ilustrasi kinder surprise. (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Produk camilan cokelat Kinder Surprise ditarik di Inggris oleh perusahaan pembuatnya, Ferrero. Pasalnya, camilan cokelat dalam kemasan berbentuk telur tersebut diduga memicu wabah salmonella.

"Kami secara sukarela menarik batch terpilih Kinder Surprise sebagai langkah pencegahan, karena kami telah mengetahui kemungkinan hubungan dengan sejumlah kasus salmonella yang dilaporkan," kata pemberitahuan penarikan tersebut, dikutip dari Reuters, Selasa (5/4/2022).

Pihak Ferrero menyebut, cokelat yang terkena dampak diproduksi di Belgia dan penarikan dapat diperluas di negara-negara lain.

Penarikan tersebut dilakukan terhadap produk telur cokelat Kinder Surprise dalam kemasan tunggal dan multipak. Mengingat, makanan tersebut populer dipasarkan pada kelompok anak-anak, berisi mainan kecil dalam cangkang cokelat berbentuk telur.

Penarikan tersebut terjadi ketika produk Ferrero banyak dipajang di rak supermarket, khususnya menjelang momen Paskah. Warga Inggris marak membeli dan mengkonsumsi produk cokelat dalam kemasan berbentuk telur tersebut.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris menyatakan, setidaknya sebanyak 63 kasus penyakit terkait dengan produk tersebut telah diidentifikasi. Sebagian besar pasien adalah anak-anak berusia di bawah lima tahun.

Badan Standar Makanan Inggris (FSA) menganjurkan pelanggan untuk tidak memakan produk dengan tanggal 'Best Before' antara 11 Juli dan 7 Oktober.

"Kami tahu bahwa produk khusus ini populer di kalangan anak kecil, terutama menjelang Paskah. Jadi kami akan mendesak orang tua dan wali anak-anak untuk memeriksa apakah ada produk yang sudah ada di rumah mereka yang terpengaruh oleh penarikan ini," terang Kepala FSA Tina Potter.



Simak Video "Kinder Joy Boleh Dijual Lagi! BPOM Nyatakan Aman dari Salmonella"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)