ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Apr 2022 06:34 WIB

Rahasia Sukses Diet untuk Turunkan Berat Badan

Jihaan Khoirunnisa - detikHealth
Ilustrasi Mengukur Berat Badan Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh langsing dan ideal? Rasanya semua orang mendambakannya bukan?

Akan tetapi, untuk memiliki tubuh yang langsing dan ideal perlu usaha keras. Tak heran, banyak yang rela diet mati-matian demi menurunkan berat badan. Agar diet-mu efektif dan bisa mencapai berat badan ideal maka cara ini mungkin bisa kamu jadikan rekomendasi. Merangkum berbagai sumber, simak tips sukses untuk menurunkan berat badan.

Yakin dan Percaya

Keyakinan menjadi modal awal yang harus dimiliki sebelum menjalankan diet. Karena apa yang seorang percayai ternyata dapat mempengaruhi perilakunya, termasuk dalam menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Health Education & Behavior menunjukkan meyakini berat badan sebagai sesuatu yang tidak bisa dikontrol/diatur berdampak pada kebiasaan berolahraga yang lebih rendah dan pola makan yang lebih buruk. Akibatnya tubuh bukan menjadi langsing langsing, tapi berat badan malah melonjak naik. Jadi, yakinlah menjaga berat badan bisa dilakukan untuk hidup yang lebih sehat.

Lakukan Secara Perlahan

Menurunkan berat badan bukanlah sesuatu yang instan. Karena itu, untuk mendapatkan tubuh langsing dan ideal harus dimulai dengan mengubah gaya hidup secara perlahan dan bertahap. Usahakan untuk beralih ke pola makan yang lebih sehat, serta rutin berolahraga.

Hal ini penting agar perubahan pola hidup yang dilakukan dapat dipertahankan dan dilakukan secara konsisten, karena menurunkan dan menjaga berat badan adalah komitmen jangka panjang.

Jika berat badan turun secara drastis akibat diet ekstrim, bisa muncul berbagai efek negatif yang membahayakan kesehatan. Tubuh menjadi lemas, selain itu rentan mengalami kekurangan nutrisi dan timbul masalah konstipasi.

Tidak hanya itu saja, penurunan berat badan secara drastis juga rentan menyebabkan efek yoyo. Artinya berat badan mudah turun, tapi cepat untuk naik kembali. Pusat Pengendalian Penyakit dan Pencegahan Penyakit menyebut mereka yang menurunkan berat badan secara bertahap, sekitar 0,5-1 kg setiap minggu, terbukti dapat mempertahankan berat badan dalam jangka waktu yang lama.

Melakukan Aktivitas Fisik

Jika berat badan ingin turun, maka penting untuk melakukan aktivitas fisik. Karena aktivitas fisik, seperti olahraga dapat meningkatkan jumlah energi atau kalori yang digunakan oleh tubuh. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat mempertahankan berat badan yang sudah dicapai dan memperbaiki kondisi kesehatan.

Maka itu, pastikan kamu melakukan olahraga aerobik intensitas sedang minimal 150 menit per minggu. Atau intensitas tinggi minimal 75 menit per minggu, dan kombinasikan dengan latihan beban minimal 2 kali per minggu.

Atur Pola Makan

Kunci penurunan berat badan adalah memastikan jumlah kalori yang masuk lebih kecil ketimbang jumlah kalori yang dikeluarkan. Di sinilah pentingnya mengatur pola makan yang sehat. Kamu bisa mulai dengan hal-hal sederhana, seperti mengurangi minuman manis tinggi gula dan menghindari gorengan.

Di sisi lain, usahakan untuk memperbanyak buah dan sayur, serta membuat jadwal makan harian. Bagi yang memiliki berat badan berlebih, kamu bisa merujuk pada pedoman piring T dari Kementerian Kesehatan. Pedoman tersebut mengatur tentang komposisi dalam 1 piring saat makan besar, yakni mengisi ½ bagian piring dengan sayur dan buah, ¼ bagian piring dengan sumber protein, dan ¼ bagian piring dengan sumber karbohidrat bijian utuh.

Jika kamu ingin menurunkan berat badan tapi merasa sulit mengatur pola makan harian, coba berbagai produk dengan kalori terkontrol yang cocok untuk diet dari Tropicana Slim. Di antaranya Tropicana Slim Shirataki Rice yang hanya memiliki 50 kalori per saji dan Tropicana Slim Shirataki Noodles dengan 100 kalori dalam setiap sajian.

Keduanya terbuat dari umbi shirataki yang tinggi serat dengan rasa yang enak. Adapun untuk snack, kamu bisa pilih Tropicana Slim Cookies yang bebas gula dan hanya 100 kalori per saji. Kemasannya pun praktis serta memiliki berbagai pilihan rasa yang enak. Dan saat menginginkan minuman manis, produk minuman bebas gula dan rendah kalori dari Tropicana Slim yang memiliki varian kopi, coklat, dan jeruk bisa menjadi pilihan lebih sehat saat diet.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT