Rabu, 06 Apr 2022 09:27 WIB

Konsultasi Kesehatan

Usai Infeksi Indung Telur, Kenapa Miss V Cenat-cenut Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
Young woman in yellow short dress standing with her hands between legs, needs a restroom, isolated for white background. Womens health, gynecology. Foto: iStock
Jakarta -

Pertanyaan:

Saya punya riwayat pernah terkena radang panggul atau infeksi indung telur. Sudah berobat di dokter kandungan dan sudah sembuh.

Tapi kenapa ya saya sampai sekarang merasa di bagian vagina seperti berdenyut sampai ke bagian pinggul dan kaki. Ada juga cairan yang keluar seperti keputihan, tapi baunya normal tidak banyak. Terasa cuma seperti nyut-nyutan gitu Dok.

Apa saya masih perlu minum antibiotik ya Dok? Mohon sarannya.

DF (wanita, 28 tahun)

Jawaban:

Rasa berdenyut sampai ke bagian pinggul dan kaki kemungkinan adalah denyut pembuluh darah yang lebih terasa saja bukan karena radang atau infeksi. Perlu diketahui tanda-tanda infeksi adalah rasa sakit nyeri, panas, bengkak, warna kemerahan, dan bagian tubuh yang lemah tidak seperti biasanya.

Keputihan itu ada yang normal ada yang tidak normal. Tidak normal apabila berbau gatal dan berwarna. Kalau baunya normal dan tidak banyak berarti masih normal.

Bila keluhannya seperti di atas, rasanya belum perlu minum antibiotik karena tidak ada tanda-tanda infeksi dan masih dalam batas normal.

dr Jusuf Sidharta, SpOG
Morula IVF Margonda

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Gejala Cacar Monyet Dilaporkan Mirip Infeksi Menular Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)