ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Apr 2022 17:30 WIB

Catat, Ini Tips Sajikan Sop Buah yang Segar dan Sehat untuk Buka Puasa

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sop Buah or Es Buah is Mixed Fruit with Coconut or Simple Syrup, Served with Shaved Ice and add Condensed Milk to Add Creamy Swetened, Popular for Buka Puasa (Breakfasting) (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma)
Jakarta -

Dari banyaknya menu buka puasa, sop buah menjadi salah satu favorit banyak orang. Menu ini dipilih karena rasanya yang manis dan segar, cocok sekali disantap setelah berpuasa seharian.

Banyak jenis buah yang biasanya digunakan untuk pelengkap sop buah ini. Meski terbuat dari buah-buahan, ternyata menu ini bisa saja tidak sehat untuk tubuh lho. Kenapa ya?

Umumnya, sop buah menggunakan beberapa bahan tambahan untuk menambah rasa manisnya seperti, krim kental manis, gula, atau sirup. Tapi, penggunaan bahan-bahan ini harus dibatasi.

"Jadi sop buah tetap direkomendasikan untuk berbuka puasa dengan catatan penambahan krimer kental manis, gula dan sirupnya terbatas," kata Ketua Indonesia Asosiasi Ahli Gizi Olahraga (ISNA) Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes, pada detikcom beberapa waktu lalu.

Selain takaran bahan pemanis, Dr Rita juga menyarankan untuk menggunakan buah-buahan yang mengandung banyak air. Misalnya seperti semangka, blewah, jeruk, melon, hingga stroberi.

Menurutnya, buah-buahan itu sangat baik untuk proses rehidrasi tubuh setelah seharian berpuasa.

"Sebenarnya sih bahan untuk buah dipakai di dalam sop buah itu yang kandungan airnya tinggi. Makanya digunakan apel kemudian melon, sebenarnya itu udah cocok," jelas Dr Rita.

Meski masih diperbolehkan menggunakan bahan tambahan pemanis, jumlahnya harus dibatasi bahkan dikurangi. Sebab, Dr Rita mengatakan mengkonsumsi minuman manis yang berlebihan sangat berisiko untuk kesehatan tubuh, seperti risiko obesitas hingga diabetes.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT