Rabu, 06 Apr 2022 17:02 WIB

5 Makanan Pantangan Kolesterol Tinggi Sebaiknya Tak Dikonsumsi saat Buka Puasa

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Gorengan Makanan pantangan kolesterol (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Kolesterol tinggi umumnya bisa menyebabkan masalah kesehatan. Selain menjaga pola hidup, ada sejumlah makanan pantangan kolesterol yang perlu dihindari pengidapnya saat berbuka puasa.

Pasalnya, makanan-makanan tersebut diyakini sebagai sumber meningkatnya kolesterol tinggi, sehingga pemilihan menu makanan saat berbuka puasa saat penting bagi pengidap kolesterol untuk menghindari risiko tingginya kadar kolesterol di dalam darah.

Makanan Pantangan Kolesterol

Berikut sejumlah makanan pantangan kolesterol yang wajib dihindari pengidap kolesterol tinggi, seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (6/4/2022).

1. Cumi

Salah satu makanan pantangan kolesterol adalah cumi. Makanan ini diyakini memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi di dalamnya, yaitu mencapai 260 mg/100 g bahan. Namun, menurut sumber lain, kandungan kolesterol cumi-cumi sekitar 1170 mg.

Normalnya manusia butuh 1100 miligram kolesterol/hari untuk memelihara dinding sel dan fungsi fisiologis lainnya. Dari jumlah tersebut, 25-40 persen (200-300 mg) berasal dari makanan dan selebihnya disintesis oleh tubuh.

2. Kuning telur

Selain cumi, kuning telur juga menjadi makanan pantangan kolesterol. Pasalnya, butir telur rata-rata mengandung sekitar 212-213 mg kolesterol, terutama di bagian kuningnya.

Tentunya kadar ini cukup tinggi dikonsumsi oleh pengidap kolesterol, sehingga disarankan untuk tidak mengkonsumsi kuning telur di waktu berbuka puasa. Bukan dihindari sama sekali, sebab putih telur merupakan sumber protein yang sangat baik.

3. Otak sapi

Setiap 10 gram otak sapi, rata-rata mengandung 2.100 mg kolesterol. Lantaran kandungannya sangat tinggi, otak sapi tak boleh terlalu banyak dikonsumsi lantaran bisa memicu kadar kolesterol tinggi.

4. Telur puyuh

Beberapa sumber menyebutkan bahwa tiap butir telur puyuh mengandung 3.6400 mg kolesterol. Kadar ini bahkan lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Itu mengapa telur puyuh juga termasuk sebagai makanan pantangan kolesterol.

5. Gorengan

Makanan pantangan kolesterol selanjutnya adalah gorengan. Kadar kolesterol di dalam gorengan umumnya bervariasi tergantung dari bahan baku yang digunakan.

Namun, perlu diwaspadai apabila minyak yang dipakai untuk gorengan tersebut dipakai secara berulang-ulang. Pasalnya, jika minyak tersebut sudah lebih dari 2 kali pakai ulang, strukturnya pun akan berubah jadi trans minyak berbahaya yang bisa memicu kolesterol tinggi.



Simak Video "Aksi 'Colak-colek' Anak Bikin Resah "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)