6 Tips Puasa untuk Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Melimpah

ADVERTISEMENT

6 Tips Puasa untuk Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Melimpah

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Kamis, 07 Apr 2022 07:30 WIB
Young mother is breastfeeding her baby. In Vitro Fertilization (IVF). Family of asians.
6 tips ibu menyusui saat berpuasa (Foto: Getty Images/iStockphoto/Nestea06)
Jakarta -

Dalam menjalani ibadah puasa tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan, terutama bagi ibu yang sedang menjalani ASI eksklusif. Banyak ibu yang tetap ingin berpuasa tapi khawatir akan produksi ASI untuk si kecil tidak lancar.

Menurut Dokter Umum Konselor Laktasi RS Pondok Indah dr Nabila, IBCLC persiapan bagi ibu menyusui bisa berbeda-beda tergantung pada usia bayi dan kondisi dari sang ibu.

"Ibu yang menyusui bayi kembar dan ibu yang sedang menyusui secara eksklusif akan memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih besar, dibandingkan ibu yang menyusui si kecil yang sudah dalam masa MPASI," ujar dr Nabila dalam keterangan yang diterima detikcom, Rabu (6/4/2022).

Oleh sebab itu, penting bagi ibu yang sedang menyusui untuk melakukan konsultasi sebelum menjalankan ibadah puasa. Meski dalam penelitian Khodel et.al, berpuasa tidak menghambat pertumbuhan pada bayi yang sedang ASI eksklusif.

Namun agar terasa tenang, berikut beberapa tips untuk ibu menyusui yang ingin berpuasa menurut dr Nabila:

1. Minum yang cukup

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air yang cukup sekurangnya 2 liter atau 8 gelas sehari. Penuhi kebutuhan cairan harian dengan minum sedikit tapi sering antara waktu berbuka dan sahur.

"Hindari minum terlalu banyak dalam sekaligus sebelum puasa dimulai. Hal ini justru akan membuat ibu sering buang air kecil dan menjadi haus lebih cepat," terang dr Nadia.

2. Pilih Makanan Bergizi saat Sahur

Saat sahur, pilih makanan yang bergizi seimbang yang mencakup protein dan karbohidrat kompleks. Tujuannya agar ibu menyusui tetap mendapat energi cukup selama menjalankan ibadah puasa.

3. Segera Berbuka

Jika waktu berbuka tiba, lekas membatalkan puasa dan mengkonsumsi makanan alami berenergi tinggi seperti kurma.

"Ibu juga dapat membuat smoothies kurma dengan susu sebagai variasi," saran dr Nadia.

4. Hands-on breastfeeding

Let down reflex (LDR) dapat melambat saat berpuasa. Hal ini dapat ditangani dengan menyusui sambil memijat halus bagian pangkal payudara ke ujung, untuk membantu aliran ASI lebih deras, sehingga anak dapat puas lebih cepat.

5. Menjaga Produksi ASI

Saat memompa ASI, beberapa ibu kerap mendapatkan jumlah yang lebih sedikit tetapi tetap harus tenang. Ingat prinsip supply and demand, semakin sering payudara dikosongkan, produksi juga akan meningkat.

"Pastikan anak menyusui on demand secara optimal dengan memperhatikan posisi dan perlekatan," imbau dr Nadia.

6. Tetap Berpikir Positif

Lebih lanjut dr Nadia mengingatkan, tubuh ibu dan anak membutuhkan beberapa hari atau minggu untuk menyesuaikan rutinitas di bulan Ramadhan. Maka dari itu, ibu tetap diminta untuk positive thinking.



Simak Video "Ibu Menyusui Disarankan Hindari Konsumsi Obat Sirup"
[Gambas:Video 20detik]
(any/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT