ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Apr 2022 14:32 WIB

Heboh Pengakuan Acha Septriasa Hidup dengan Satu Ginjal, Apa Pengaruhnya?

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Acha Septriasa saat berkunjung ke kantor detikcom Heboh pengakuan Acha Septriasa hidup dengan satu ginjal, apa pengaruhnya? (Foto: Asep Syaifullah)
Jakarta -

Kabar mengejutkan datang dari Acha Septriasa. Ia mengaku selama ini hidup hanya dengan satu ginjal dan kondisi itu baru diketahuinya saat berumur 18 tahun.

Sejak remaja, Acha mengaku memiliki kondisi tubuh yang lemah bahkan sempat pingsan saat syuting. Oleh karena itu, ia memutuskan memeriksakan diri ke dokter.

"Au ginjalnya satu itu dari kecil. Tapi baru ditemukan lewat USG, MRI waktu umur aku 18 tahun," cerita Acha di channel YouTube Ngobrol Asix.

"Dicek dari kiri ke kanan. Lo kanannya kok kosong? Nggak ada ternyata, di situ baru dinyatakan sama dokter ini anak cuma memiliki satu ginjal."

Hidup dengan satu ginjal tentu memerlukan perhatian khusus. Lantas, apa yang harus diwaspadai saat mengalami kondisi seperti Acha Septriasa?

Apakah fungsi ginjal akan berpengaruh?

Jika tubuh hanya memiliki satu ginjal, tentu kerja ginjal akan lebih besar dan lebih berat. Pasalnya, ginjal yang tersisa akan bekerja 75 persen lebih keras dari fungsi ginjal normal.

Apabila memiliki penyakit ginjal bawaan yang membuat organ tubuh menjadi tidak lengkap, penurunan fungsi ginjal kemungkinan akan terjadi. Namun, kondisi tersebut setidaknya terjadi sekitar 25 tahun kemudian.

Risiko hidup dengan satu ginjal

Meski hidup dengan satu ginjal tidak mempengaruhi masa hidup, diharuskan untuk menjalani gaya hidup sehat dan berhati-hati saat beraktivitas. Karena orang dengan kondisi tersebut rentan cedera, terutama saat melakukan olahraga berat.

Di sisi lain, jika tidak memperhatikan kondisi tubuh, masalah kesehatan jangka panjang juga berisiko terjadi. Berikut beberapa risikonya:

  • Hipertensi karena ginjal juga berfungsi dalam menjaga tekanan darah.
  • Proteinuria (albuminuria) karena orang dengan kondisi ini kelebihan protein dalam urine.
  • Laju filtrasi glomerulus (GFR) yang rendah akibat penurunan fungsi penyaringan ginjal.

Tips hidup sehat dengan satu ginjal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Seperti memperhatikan nutrisi untuk tubuh, menjaga berat badan, berolahraga, dan rutin melakukan pemeriksaan.

Selain itu, ada beberapa tips untuk mencegah risiko terkena penyakit yang disebutkan sebelumnya ketika hidup dengan satu ginjal:

1. Pola makan sehat

Faktanya, orang yang hidup dengan satu ginjal ternyata tidak perlu melakukan diet khusus. Namun ada hal yang harus diperhatikan seperti:

  • Membatasi asupan garam dan sodium
  • Mengurangi makan makanan tinggi protein
  • Berhenti konsumsi minuman beralkohol
  • Tetap terhidrasi, jangan overhidrasi atau dehidrasi

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli gizi tentang diet yang tepat bagi tubuh.

2. Hindari olahraga berat

Olahraga memang baik untuk tubuh, namun bagi orang yang hidup dengan satu ginjal harus berhati-hati agar tidak cedera.

Beberapa dokter menganggap lebih baik menghindari olahraga berat dan berisiko tinggi seperti:

  • Tinju
  • Hoki
  • Sepak bola
  • Bela diri
  • Gulat


Simak Video "Mengenal 2 Penyebab Penyakit Ginjal Kronis di Hari Ginjal Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(any/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT