ADVERTISEMENT

Kamis, 07 Apr 2022 12:15 WIB

Pentingnya ASI dan Gizi Cukup untuk Cegah Stunting Pada Anak

Tasya Kania Azzahra - detikHealth
Ilustrasi ibu menyusui Ilustrasi pentingnya peran ASI dan pemenuhan gizi untuk mencegah stunting. Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Stunting menjadi kondisi yang patut diperhatikan dan diwaspadai sehingga pencegahannya perlu dilakukan sejak dini. Fase menyusui atau saat bayi berusia 0 hingga 6 bulan memegang peranan penting dalam pencegahan stunting.

Guru Besar Bidang Gizi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) Prof. Sandra Fikawati mengatakan, ibu yang sedang dalam masa menyusui memerlukan makanan yang bergizi agar dapat memberikan gizi yang optimal kepada bayi melalui air susu ibu (ASI).

Fase menyusui ini berperan penting dalam mencegah stunting pada anak mengingat sebanyak 23 persen bayi sudah terlahir stunted sehingga perlu upaya yang lebih keras pada saat menyusui guna mencegah kondisi ini berlanjut.

"Berdasarkan data sebanyak 23 persen bayi ketika lahir sudah dalam kondisi stunted, itu berarti dia harusnya mengejar ketinggalan karena sudah terlahir stunted. Maka ketika si ibu menyusui harus memberikan gizi yang memadai kepada si bayi, ibu membutuhkan protein dan gizi yang cukup pula untuk dirinya. Jadi ini ada missed dari program Kemenkes yang tidak memperhatikan pada fase menyusui," jelas Fika.

Sandra menambahkan saat ini di Indonesia, prevalensi ibu hamil yang menderita kurang energi kronis (KEK) dan anemia tinggi. Setelah bersalin, tidak ada waktu lagi bagi ibu untuk memperbaiki status gizinya kecuali dengan mengonsumsi makanan bergizi saat menyusui.

Dibutuhkan pendekatan tambahan pada fase menyusui agar program tersebut lebih komprehensif. Sandra juga menyarankan agar Pemerintah memberikan subsidi untuk memudahkan akses masyarakat terhadap makanan yang mengandung protein hewani.

"Saya juga menyarankan agar pemerintah mensubsidi protein hewani, termasuk di dalamnya susu buat anak-anak. Protein hewani berbentuk susu ini sangat penting bagi pertumbuhan anak," ungkap Sandra.

Simak Video 'Strategi Jokowi Capai Target Angka Stunting 14% pada 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(Tasya Kania Azzahra/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT