Kamis, 07 Apr 2022 11:00 WIB

Gelas Beling Masuk Perut Pria Jember, Unsur Mistis? Begini Dokter Melihatnya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Perut pria di jember ada gelas Foto: Yakub Mulyono
Jakarta -

Heboh ada sebuah gelas kaca ditemukan di dalam perut seorang pria bernama Nurlasiadi (35), asal Jember. Tak pelak, banyak yang mengaitkannya dengan hal-hal berbau mistis.

Awalnya, Nurlasiadi mengeluh sakit di bagian dada dan perutnya sekitar 3 bulan lalu. Namun, rasa sakit yang muncul semakin parah dan membuatnya tidak bisa beraktivitas seperti biasanya.

Perut pria di Jember ada gelasnyaPerut pria di Jember ada gelasnya Foto: Yakub Mulyono

Setelah memutuskan ke rumah sakit untuk rontgen, rupanya ada gelas kaca di rektum atau bagian akhir dari usus besar sebelum anus. Banyak yang mengaitkan peristiwa pria tersebut dengan mistis. Namun, menurut pihak rumah sakit yang menanganinya, gelas tersebut kemungkinan dimasukkan melalui anus.

"Secara logika kedokteran ya begitu. Tapi, tidak ada pengakuan dari pasien," kata dr Doddy Radi Sakti, Kepala Humas RSD Balung, seperti dikutip dari detikjatim.

Dihubungi terpisah, dokter spesialis dalam, dr Aru Ariadno, Sp.PD KGEH, dari RS Brawijaya Depok, menyampaikan dugaan serupa. Ia meyakini bahwa gelas tersebut kemungkinan dimasukkan melalui anus oleh pasien, dan yang pasti bukan berbau mistis.

"Bisa saja gelasnya dimasukkan lewat anus," ucapnya saat dihubungi oleh detikcom, Kamis (7/4/2022).

"Semua selalu bisa dijelaskan secara ilmiah," lanjutnya.

Dalam kedokteran, masuknya benda asing ke dalam tubuh dikenal sebagai 'corpus alienum'. Menurutnya, kondisi yang dialami pasien tersebut jika tidak ditangani bisa memicu sejumlah penyakit serius, seperti infeksi, ruptur, hingga risiko kematian lantaran tak bisa mengeluarkan tinja selama 3 bulan lamanya.

"Nyeri, infeksi, hingga ruptur," tuturnya lagi.

"Kalo 3 bulan seperti itu berarti tidak bisa bab 3 bulan. Berarti bisa meninggal," kata dr Aru.

Selain itu, dr Aru juga mengungkapkan kemungkinan hal itu sudah sering dilakukan pasien, akan tetapi mendadak terjepit di anus sehingga harus dikeluarkan melalui metode operasi.

"Karena terjepit. Setelah masuk maka bagian bawah anus menjepit. Mungkin sudah sering dilakukan tapi nggak apa-apa. Tapi ada saat kemudian terjepit lalu seperti ini," pungkasnya.



Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)