ADVERTISEMENT

Kamis, 07 Apr 2022 21:01 WIB

Pola Makan Ideal yang Dianjurkan untuk Diabetesi

Dea Duta Aulia - detikHealth
Ilustrasi Makanan Sehat Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Penyakit diabetes memang tidak dapat disembuhkan. Meski begitu diabetes tetap bisa dikontrol agar tidak semakin parah.

Langkah penting yang harus dilakukan yaitu menerapkan pengaturan pola makan sehat. Caranya mengutamakan makanan kaya nutrisi dan bervariasi dalam porsi yang tepat penting. Tujuannya tidak lain untuk mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan, serta menghindari komplikasi penyakit diabetes.

Pedoman Piring

Mengatur pola makan harian seringkali dirasa membingungkan. Untuk mempermudahnya, Anda dapat menerapkan konsep piring makan model T dari Kementerian Kesehatan. Konsep ini mengatur jenis makanan utama apa saja yang dapat dikonsumsi, yang sesuai dengan kebutuhan gizi harian.

Mulai dari buah dan sayur (ketimun, labu siam, tomat, wortel, bayam, atau sayuran hijau lain), sumber karbohidrat kompleks, dan lauk-pauk sumber protein (ikan, telur, tempe, dan tahu).

Pada setiap waktu makan utama, pastikan untuk mengisi ½ bagian piring dengan buah dan sayur, ¼ bagian piring dengan sumber protein rendah lemak, dan ¼ sisanya diisi dengan makanan sumber karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, oats, atau roti gandum.

Batasi Asupan GGL

Pernahkah Anda mendengar istilah GGL? GGL di sini berarti asupan gula, garam dan lemak harian. Bagi penderita diabetes wajib membatasi konsumsi gula agar kadar gula dalam darah tidak melonjak.

Selain itu, makanan dan minuman yang tinggi gula cenderung kurang bergizi bahkan memiliki kadar kalori yang tinggi, sehingga penting dibatasi guna menjaga berat badan dalam batas normal. Sebaiknya batasi asupan gula maksimal 25 gram setiap hari, atau sekitar 2 sendok makan.

Lantas bagaimana dengan asupan garam dan lemak? Diketahui, manfaat membatasi asupan garam harian, salah satunya untuk menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung, sekaligus menurunkan risiko komplikasi bagi diabetesi.

Begitu pun dengan pembatasan asupan lemak yang penting untuk menjaga kesehatan jantung, terutama kadar lemak jenuh atau lemak jahat yang bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, mencegah asupan kalori berlebih juga perlu diperhatikan agar mencegah kenaikan berat badan. Batasi asupan garam hingga maksimal 5 gram (1 sendok teh) per hari. Sementara untuk asupan lemak harian disarankan maksimal 67 gram, atau sekitar 5 sendok makan.

Selain itu, diabetesi juga perlu memilih jenis makanan kaya nutrisi dengan kalori terkontrol untuk menjaga berat badan. Penderita diabetes juga sebaiknya memperbanyak konsumsi serat dengan memilih produk bijian utuh dan memperbanyak buah dan sayur juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Untuk tetap bisa menjaga asupan gula harian dan tetap menikmati rasa manis, ganti gula dengan Tropicana Slim Sweetener Diabtx untuk rasa manis yang bebas gula dan cocok untuk diabetesi karena bebas gula dan kalori, serta dilengkapi kromium yang penting untuk mengontrol gula darah.

Jika ingin ngemil, bisa pilih Tropicana Slim Cookies yang bebas gula dan mengandung hanya 100 Kalori per saji, namun tetap memiliki rasa yang enak bisa menjadi pilihan sesuai untuk diabetesi.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT