ADVERTISEMENT

Jumat, 08 Apr 2022 09:53 WIB

Riset Terbaru Menguak Beda Durasi Gejala Pasien Omicron dan Delta, Ini Faktornya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal
Jakarta -

Seiring temuan rekombinan Omicron BA.1 dan BA.2 yakni varian XE yang bikin geger baru-baru ini, penelitian terbaru menyebut penyakit akibat infeksi varian Omicron rata-rata berlangsung dua hari lebih pendek dibandingkan varian Delta.

Penelitian besar tersebut dilakukan terhadap warga Inggris yang sudah divaksinasi COVID-19 dan menyimpan log smartphone dari gejala COVID-19 yang dialami.

"Penyajian gejala yang lebih singkat menunjukkan (menunggu konfirmasi dari studi viral load) bahwa periode penularan mungkin lebih pendek. Pada waktunya akan mempengaruhi kebijakan kesehatan di tempat kerja dan panduan kesehatan masyarakat," tulis para penulis penelitian, dikutip dari Reuters, Jumat (8/4/2022).

Berdasarkan aplikasi Zoe COVID, penelitian ini juga menemukan bahwa kasus infeksi Omicron memiliki risiko rawat inap di rumah sakit 25 persen lebih kecil dibandingkan infeksi Delta.

Para peneliti di King's College London menganalisis dua set data terhitung dari 1 Juni hingga 27 November 2021, ketika varian Delta menyumbang lebih dari 70 persen kasus, serta dari 20 Desember 2021 hingga 17 Januari 2022 ketika Omicron menyumbang lebih dari 70 persen kasus.

Para pasien dengan jumlah hampir sebanyak 5.000 orang di setiap kelompok dicocokkan dan dibandingkan 1:1 dengan kesamaan usia, jenis kelamin, serta dosis vaksinasi COVID-19 yang sama.

Ditemukan, durasi gejala Omicron relatif lebih pendek dibanding gejala Delta. Hal itu juga lebih jelas terlihat pada orang yang sudah mendapat tiga dosis vaksin COVID-19. Gejala berlangsung selama rata-rata 7,7 hari selama periode yang didominasi Delta, dan hanya 4,4 hari, atau 3,3 hari lebih sedikit, selama periode Omicron.

Sementara pada mereka baru menerima dua dosis vaksin, gejala dari Delta berlangsung selama 9,6 hari dan 8,3 hari dari Omicron. Perbedaan hanya 1,3 hari.



Simak Video "WHO: Olimpiade Subvarian Covid-19 Akan Berlanjut"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT