Jumat, 08 Apr 2022 10:37 WIB

Fujiko A Fujio Pencipta Doraemon Meninggal, Begini Riwayat Sakitnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Fujiko A. Fujio meninggal dunia, artis ternama manga Jepang termasuk pencipta Doraemon tutup usia di 88 tahun, Kamis (7/4). Pria bernama asli Moto Abiko ditemukan pingsan di luar rumahnya.

Polisi mulanya menerima laporan Fujiko A. Fujio pingsan di pukul 08:40 waktu setempat. Nahas, setibanya mereka di sana, Fujiko A. Fujio sudah meninggal dunia.

Dilansir TBS News, investigasi penyebab kematian tengah berlanjut, tetapi sejauh ini pemeriksaan mengungkapkan Fujiko A. Fujio tidak mengalami cedera atau luka yang mencurigakan.

Sakit Apa?

NHK News melaporkan dirinya memiliki gaya hidup sehat dan terkenal tak sering sakit. Namun, di 2013 silam ia sempat didiagnosis mengidap kanker usus besar.

Menurut laporan setempat, itu adalah kali pertama dirinya sakit. Kemudian, di Maret 2015 saat bermain golf, Fujiko ditemukan pingsan dan diketahui mengidap gagal jantung hingga akhirnya dirawat di rumah sakit.

Polisi hingga kini masih menelusuri lebih lanjut detail kematian salah satu pencipta kartun legendaris Doraemon dan Ninja Hatori.

Di sekolah menengah, Fujiko A. Fujio berteman dengan Hiroshi Fujimoto yang dikenal Fujiko F. Fujio. Mereka kemudian menciptakan kartun Doraemon, keduanya mulai bekerja sama.

Kemitraan keduanya terbentuk dan debut dimulai di 1951 silam, bersama-sama memproduksi karya dengan nama pena 'Fujiko Fujio' dan berbagi apartemen di Tokyo dengan seniman manga terkenal lainnya termasuk Osamu Tezuka.

Salah satu karya awal mereka adalah 'Q-Taro', tentang anak hantu yang baik hati dan nakal yang mulai hidup dengan keluarga manusia, yang menemukan penggemar di Jepang maupun di luar negeri.

Abiko juga menciptakan berbagai manga sendiri, termasuk Ninja Hattori, seorang ninja yang berteman baik dengan anak-anak biasa, serta karya-karya lain yang ditargetkan untuk orang dewasa.

(naf/up)