Jumat, 08 Apr 2022 17:30 WIB

Minum Obat Saat Buka Puasa, Bolehkah Bareng Teh Manis?

Vidya Pinandhita - detikHealth
teh manis Minum obat saat buka puasa, bolehkah bareng teh manis? (Foto: iStock)
Jakarta -

Teh manis sudah jadi menu wajib ketika buka puasa. Namun terkadang jadi masalah ketika seseorang harus minum obat ketika berbuka. Apakah penyerapan obat bisa terganggu oleh teh manis?

Aturan minum obat saat berpuasa kini banyak ditanyakan warga yang tengah menjalani ibadah puasa. Namun tak hanya perihal waktu minum obat, makanan dan minuman pun penting untuk diperhatikan ketika harus mengkonsumsi obat di waktu sahur atau selepas berbuka puasa.

Misalnya, teh manis kerap menjadi hidangan berbuka puasa. Lantas jika harus meminum obat tertentu saat berbuka puasa, amankah minum teh manis? Atau akan berdampak pada kerja obat?

Guru besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dr Apt Zullies Ikawati menjelaskan, sebenarnya anjuran makan dan minum saat mengkonsumsi obat penting untuk diperhatikan bukan hanya ketika berpuasa, melainkan juga ketika tidak berpuasa.

Menurutnya, teh manis boleh-boleh saja diminum di waktu berbuka puasa, khususnya ketika harus mengkonsumsi obat tertentu pada waktu berbuka. Namun catatannya, pastikan jenis minuman yang digunakan untuk minum obat adalah air putih. Artinya, berikan jarak waktu antara konsumsi obat dengan minum teh manis.

"Biasanya pada saat minum, menggunakan obat itu, sebaiknya menggunakan air putih atau air bening. Karena kadang-kadang obat bisa berinteraksi dengan kopi atau dengan teh, dengan susu. Pada saat minumnya," ujar Prof Zullies saat dihubungi detikcom, Kamis (7/4/2022). .

"Tapi ketika obat sudah diminum kemudian satu jam lagi ingin minum teh, ya nggak ada masalah," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2