Minggu, 10 Apr 2022 17:36 WIB

Harus Minum Obat 3 Kali Sehari Saat Puasa, Pukul Berapa Saja Baiknya?

Vidya Pinandhita - detikHealth
ilustrasi minum obat Foto: iStock
Jakarta -

Sebagian orang dengan kondisi medis tertentu harus tetap mengkonsumsi obat saat berpuasa. Lantas jika obat harus diminum tiga kali sehari, setiap pukul berapa ya obat perlu diminum? Apakah harus ada jeda waktu tertentu?

Guru besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dr Apt Zullies Ikawati menegaskan, aturan minum setiap obat tak bisa disamakan lantaran setiap obat bisa memiliki aturan penggunaan berbeda. Maka itu baik ketika berpuasa atau tidak, penting untuk memperhatikan aturan penggunaan obat lebih dulu. Tak lain, terkait waktu penggunaan serta aturan sesudah atau sebelum makan.

"Kalau yang tiga kali sehari, itu sebetulnya tergantung jenis obatnya. Obat-obat untuk gula seperti metformin khususnya ya, karena yang lain mungkin beda aturan lagi. Itu karena efeknya menurunkan kadar gula. Ini contoh secara khusus, kalau kita minumnya pagi hari itu terlalu banyak, takutnya di tengah-tengah drop karena kita puasa," terangnya pada detikcom, Kamis (7/4/2022).

"Makanya pagi hari [sahur] yang satu kali, yang malam hari itu dua kali yang dua tablet. Yang malam hari itu pun, sebetulnya masih bisa dibagi waktunya. Artinya, misal pas buka, nanti terus malam lagi misalnya menjelang mau tidur," imbuh Prof Zullies.

Bagaimana Cara Mengantisipasi Efek Samping Obat?

Sama seperti aturan penggunaan, efek samping setiap obat pun tak bisa disamakan. Walhasil, penting untuk memperhatikan lebih dulu keterangan efek samping penggunaan obat khususnya saat berpuasa.

"Efek samping obat itu tidak bisa digeneralisir karena setiap obat punya efek samping sendiri-sendiri," ujar Prof Zullies.

"Obat gula misalnya, dia menyebabkan bisa gliyeng karena obat gula kalau dia berefek kadar gulanya turun. Sementara kita nggak makan kalau puasa. Mungkin dia akan pusing, seperti itu. Nah, itu khusus untuk obat gula. Tapi obat lain mungkin punya efek yang lain lagi," pungkasnya.



Simak Video "Anjuran Porsi Sahur yang Ideal Menurut Dokter Gizi"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)