Sabtu, 09 Apr 2022 09:13 WIB

Konsultasi Kesehatan

Ada Benjolan di Ketiak yang Semakin Besar, Apakah Berbahaya Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
Woman shaving armpit in bathroom Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pertanyaan:

Saya mau tanya Dok. Saya sudah merasakan sakit akibat benjolan di ketiak sejak lama. Benjolan ini pun semakin besar. Apakah yang saya rasakan ini berbahaya?

Sheila Salsabila Samud (Wanita)

Jawaban:

Halo Ibu Sheila, terima kasih atas pertanyaannya.

Pada dasarnya daerah sekitar ketiak dan payudara tidak boleh ada benjolan. Apabila sudah ada benjolan apalagi yang terasa sakit dan semakin besar, sebaiknya segera diperiksa oleh dokter spesialis bedah onkologi. Dikhawatirkan benjolan sudah menjadi abses yang rawan pecah.

Dokter membutuhkan pemeriksaan secara langsung untuk menentukan diagnosis benjolan tersebut. Untuk melengkapi pemeriksaan, dokter biasanya akan merujuk Ibu untuk melakukan pemeriksaan USG payudara atau dengan 3D sonomammogram.

Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter ya. Semakin cepat ditemukan penyebab dan diagnosisnya, semakin cepat pula penanganannya.

dr Cahyo Novianto, SpB, SubBOnk,
RS Pondok Indah - Puri Indah

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Indonesia Didominasi Varian Omicron, Termasuk BA.4-BA.5"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)