Selasa, 22 Mar 2022 09:10 WIB

Konsultasi Kesehatan

Selalu 'Keluar di Luar' Saat Bercinta, Kenapa Istri Bisa Hamil Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi sperma Ilustrasi sperma. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Pertanyaan:

Halo Dok mau sharing sedikit. Saya kalau tiap berhubungan badan sama istri pasti dikeluarin di luar (ejakulasi di luar vagina), enggak pernah di dalam.

Tapi kenapa bisa hamil ya Dok? Kenapa bisa begitu?

JS (Pria)

Jawaban:

Selamat siang Pak JS, semoga Pak JS sekeluarga senantiasa sehat ya.

Saya coba jawab pertanyaannya ya Pak. Jadi sperma beserta cairan mani atau ejakulat apabila kontak dengan lendir vagina maka masih dapat tersalur ke dalam vagina dan seterusnya masuk ke rahim.

Apabila sudah dikeluarkan di luar namun masih dekat area kemaluan perempuan (dekat labia) dan kontak dengan lendir vagina, maka sperma tetap dapat tersalurkan ke dalam vagina kemudian ke dalam rahim dan bisa terjadi kehamilan apabila ada sel telur.

Demikian, semoga bisa menjawab pertanyaan Pak JS ya. Terimakasih.

dr Anggi Pratiwi, SpOG
Spesialis Obgyn Morula IVF Ciputat

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)