Sabtu, 09 Apr 2022 11:16 WIB

Apa Itu Herpes Genitalis? Kenali Penyebab, Cara Pencegahan, dan Penanganannya

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Herpes - diagnosis written on a white piece of paper. Syringe and vaccine with drugs. Herpes genitalis adalah penyakit infeksi menular seksual. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Herpes genitalis merupakan infeksi pada alat kelamin yang dapat terjadi pada pria dan wanita. Penyakit ini merupakan salah satu bentuk infeksi menular seksual (IMS) yang umumnya ditularkan melalui hubungan seksual.

Menurut dr Eddy Karta, SpKK, penyakit herpes genitalis menyerang kulit dan saraf tepi. Biasanya, gejala yang ditimbulkan adalah munculnya lenting-lenting kecil berisi air yang berkelompok. Lentingan ini muncul diikuti dengan ruam merah di sekitarnya.

"Karena penyakit ini juga menyerang saraf tepi, maka bisa didapati keluhan nyeri, ngilu, dan sakit. Rasa ngilu sensitif ini dapat berlangsung beberapa saat setelah penyakitnya sembuh," tutur dokter spesialis kulit dan kelamin.

Selain muncul lentingan dan rasa nyeri, dr Eddy menjelaskan bahwa herpes genitalis umumnya juga ditandai dengan adanya demam ringan, sebelum muncul kelainan kulit. Tetapi, demam ini tidak selalu muncul di setiap kasus. Demam muncul pada serangan kali pertama.

"Konsumsi obat bisa diteruskan sampai habis, bisa juga dipakai obat salep secara teratur. Yang penting, hindari dulu hubungan seksual selama periode pengobatan," ungkap dr Eddy.

Penanganan dan Pencegahan Herpes Genitalis

Untuk mengobati herpes genitalis, biasanya metode penanganannya akan berfokus untuk menghilangkan blister dan mencegah penyebaran herpes itu sendiri, meskipun lepuhan akan hilang dengan sendirinya tanpa adanya pengobatan khusus. Dokter akan memberikan obat antivirus yang dapat mengurangi komplikasi akibat herpes genitalis.

Menempelkan kompres air hangat pada kulit yang terkena juga bisa menjadi obat alami untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan. Kemudian, gunakan pakaian longgar dan tetap jaga area luka tetap kering dan bersih.

Pencegahan herpes genitalis dapat dilakukan dengan cara menghindar kontak langsung dengan pengidap penyakit ini. Selain itu, rajin mencuci tangan dan jangan pernah berbagi barang-barang yang dapat menyebarkan virus, seperti gelas, cangkir, handuk, dan pakaian.



Simak Video "Gejala Cacar Monyet Dilaporkan Mirip Infeksi Menular Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)