Aman buat Pengidap Diabetes, Ini Keuntungan Pemanis Pengganti Gula

ADVERTISEMENT

Aman buat Pengidap Diabetes, Ini Keuntungan Pemanis Pengganti Gula

Atta Kharisma - detikHealth
Sabtu, 09 Apr 2022 11:29 WIB
Shutterstock
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Makanan manis memang menjadi penggoda bagi banyak orang. Ragam makanan dan minuman manis mulai dari cake, bubble tea, minuman kopi kekinian, hingga martabak manis tentunya kerap membuat kita sulit membatasi asupan gula harian.

Padahal, asupan gula berlebih bisa mempengaruhi kontrol berat badan dan kondisi kesehatan. Untungnya, kini sudah tersedia pemanis pengganti gula yang tak hanya memberikan rasa manis, tapi juga lebih sehat.

Pemanis pengganti gula atau yang sering dikenal sebagai pemanis rendah kalori kini menjadi salah satu alternatif bagi para pecinta rasa manis. Bahkan, pemanis rendah kalori ini memiliki tingkat kemanisan yang lebih tinggi dibandingkan dengan gula biasa.

Pemanis rendah kalori dapat memberikan rasa manis yang setara dengan gula biasa dengan takaran yang lebih sedikit. Karenanya, pemanis rendah kalori kini sudah banyak digunakan dalam berbagai macam produk pangan, mulai dari produk minuman kemasan, permen, permen karet, selai, sirup, hingga makanan beku.

Salah satu keunggulan pemanis rendah kalori adalah kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan gula biasa, bahkan beberapa tidak mengandung kalori sama sekali. Dibandingkan gula yang mengandung hampir 50 kalori/sendok makannya, mengkonsumsi pemanis rendah kalori dapat membantu menjaga berat badan.

Pemanis rendah kalori juga bermanfaat mengontrol asupan kalori harian, tanpa perlu mengorbankan rasa. Menjaga asupan kalori harian dapat membantu menjaga berat badan sekaligus menekan risiko penyakit, termasuk diabetes.

Data dari jurnal Diabetologia menunjukkan pengaruh obesitas terhadap risiko seseorang terkena diabetes. Bahkan pada kelompok risiko genetik diabetes rendah dan pola hidup baik sekalipun, obesitas berpengaruh terhadap peningkatan risiko diabetes hingga 8 kali lebih tinggi.

Keuntungan lain dari pemanis rendah kalori adalah efeknya terhadap gula darah. Saat dikonsumsi, pemanis rendah kalori tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara drastis. Sehingga, pemanis rendah kalori cocok dikonsumsi semua orang termasuk, penderita diabetes sebagai alternatif rasa manis yang lebih sehat.

Karena itu, ganti gula-mu sekarang dengan pemanis rendah kalori, seperti Tropicana Slim Sweetener. Semua varian Tropicana Slim Sweetener menggunakan pemanis rendah kalori yang telah dinyatakan aman oleh berbagai lembaga kesehatan dunia, dan tidak menimbulkan kenaikan kadar gula darah yang signifikan.

Bagi yang ingin menikmati rasa manis namun bebas gula, Tropicana Slim Sweetener Classic menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Sementara bagi pengidap diabetes, Tropicana Slim Sweetener Diabtx dengan kromium tak hanya memberikan rasa manis, tapi juga dapat membantu pengaturan kadar gula darah Anda.



Simak Video "Pusat Perajin Gula Aren Pandeglang yang Diserbu saat Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT