Sabtu, 09 Apr 2022 17:06 WIB

Arab Saudi Buka Pintu untuk 1 Juta Jemaah, Lansia Belum Diizinkan Berhaji

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Saat ini pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali untuk umroh dan haji di jamaah negara internasional. Tetapi tidak semua negara bisa masuk karena alasan tertentu dan jenis vaksin yang tidak diakui oleh Saudi Arabia. Lalu bagaimana nasib  para jamaah umroh dan haji Indonesia? Arab Saudi kembali buka pintu untuk 1 juta jemaah. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi akhirnya kembali membuka pintu untuk 1 juta jemaah haji. Ini juga berlaku untuk para jemaah haji dari luar Arab Saudi.

Meski begitu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum menjalankan ibadah haji di tengah pandemi COVID-19 ini. Salah satunya, ibadah haji tahun ini baru dibuka untuk calon jemaah yang berusia di bawah 65 tahun.

Artinya, calon jemaah haji berusia lanjut (lansia) atau yang usianya di atas 65 tahun masih belum diizinkan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

"Ibadah haji tahun ini terbuka untuk mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan sudah menerima vaksin utama COVID-19 yang diakui Kementerian Kesehatan Saudi," tulis Kementerian Haji dan Umrah melalui akun Twitter resminya yang dilihat detikcom, Sabtu (9/4/2022).

Selain itu, adapun beberapa syarat lainnya yang juga harus dipenuhi, calon jemaah wajib melampirkan hasil negatif tes PCR yang diambil dalam kurun waktu 72 jam sebelum keberangkatan. Ini berlaku baik untuk jemaah dari dalam maupun luar wilayah Saudi.

Dalam keterangannya, Kementerian Haji dan Umrah menegaskan para jemaah harus mengikuti seluruh langkah-langkah pencegahan yang berlaku. Hal ini akan dipantau selama pelaksanaan ibadah haji.

Kementerian Haji dan Umrah menyebut keputusan ini diambil agar jemaah haji bisa melaksanakan ibadah dengan aman di tengah pandemi COVID-19. Peningkatan jumlah jemaah haji ini akan disesuaikan dengan kuota yang dialokasikan pada negara-negara lain, dengan mempertimbangkan rekomendasi kesehatan.



Simak Video "Ini Daftar Vaksin yang Diakui Arab Saudi untuk Syarat Naik Haji"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)