ADVERTISEMENT

Sabtu, 09 Apr 2022 18:02 WIB

Awas Jangan Kalap Buka Puasa, Sembarangan Makan Malah Bisa Picu GERD

Firdaus Anwar - detikHealth
High angle malaysian malay family having family reunion dinner assorted malay food at home celebrating hari raya Foto ilustrasi: Getty Images/chee gin tan
Jakarta -

Saat berbuka puasa di bulan Ramadan, sebagian orang mungkin lebih umum menghadapi situasi banyak hidangan tersedia. Ingat jangan sampai kalap saat berbuka karena malah bisa jadi berisiko picu kondisi gastroesophageal reflux disease (GERD).

Ahli gastroenterologi dr Mustafa Hakam dari Fakeeh University Hospital menjelaskan saat seseorang makan, tubuh akan terstimulasi memproduksi asam lambung. Nah asam ini bisa menumpuk di atas makanan di dalam lambung, sehingga bila kalap, dapat berada lebih dekat ke tenggorokan.

"Makan melewati rasa kenyang (kekenyangan) meningkatkan risiko refluks asam. Ketika seseorang mengonsumsi makanan, asam yang dihasilkan di perut cenderung menumpuk di atas makanan. Kantong asam akan terletak di bagian atas perut saat seseorang berdiri tegak," kata dr Mustafa seperti dikutip dari Gulf News, Sabtu (9/42022).

"Dampaknya seseorang akan lebih mungkin bersendawa yang membuat esofagus bagian bawah (pipa makanan dari tenggorokan ke perut) terpapar asam lambung," lanjutnya.

Disarankan juga untuk menghindari makanan yang terlalu pedas, asam, gorengan, dan minuman bersoda saat berbuka karena dapat memperparah gejala asam lambung.



Simak Video "Beragam Pilihan Takjil di Jalan Kebon Kacang Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT