Minggu, 10 Apr 2022 07:05 WIB

Cara Simpel Cegah Kolesterol Tinggi, Penyebab Stroke dan Sakit Jantung

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Mengukur atau mengecek kolesterol Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kolesterol memang memiliki peranan penting untuk metabolisme tubuh. Namun, kolesterol juga bisa menjadi faktor risiko penyakit kardiovaskular bila kadarnya terlalu tinggi dan tidak dikendalikan dengan baik. Kondisi ini tak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga anak muda pun bisa terkena.

"Kolesterol tinggi ini ujungnya apa? Penyakit jantung dan pembuluh darah, orang yang stroke, orang yang serangan jantung lebih muda daripada seharusnya," tutur dr Vito Damay, SpJP(K), MKes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC, dari RS Siloam, dalam IG Live baru-baru ini.

Pada dasarnya, cara cepat menurunkan kolesterol yang paling efektif adalah menggunakan obat-obatan. Namun, penerapan pola hidup yang baik pun juga bisa dilakukan.

Lantas, seperti apa penerapannya? Menurut dr Vito, ada sejumlah cara mencegah kolesterol tinggi yang bisa dilakukan, seperti:

1. Cek Kolesterol Terlebih Dahulu

dr Vito mengungkapkan, seseorang wajib melakukan cek kolesterol terlebih dahulu. Hal ini berguna agar pengidapnya bisa melakukan sejumlah perubahan hidup sebagai cara mencegah kolesterol.

"Jadi, kolesterol tinggi kita bisa cegah, pertama kita harus tahu dulu sih sebenarnya karena ada memang orang dari awal kolesterolnya tinggi," tutur dr Vito

2. Ketahui Faktor Risikonya

Salah satu faktor risiko seseorang mengidap kolesterol tinggi adalah obesitas. Pasalnya, orang obesitas cenderung memiliki banyak lemak yang bisa membungkus organ-organ tubuhnya sehingga memicu kolesterol tinggi.

"Yang kedua untuk mencegah kolesterol tinggi kita hindari faktor risikonya. Orang yang lingkar pinggangnya di atas 90 cm kalau laki-laki atau di atas 80 cm untuk perempuan. Itu maksudnya obesitas sebenarnya. Obesitas lebih cenderung ada lemak-lemak yang membungkus organ-organnya. Jadi, kolesterolnya juga lebih tinggi," tutur dr Vito.

3. Hindari Makanan Berlemak

dr Vito menyarankan untuk menghindari sejumlah makanan berlemak dan berminyak, seperti gorengan. Apabila masih tetap makan enak, lebih baik dibuat dengan cara panggang atau dikukus.

"Jaga makanan. Terutama tadi harusnya makanan goreng-gorengan kita hindari sebisa mungkin," kata dr Vito

"Kalau ingin banget makan enak, bisa bikin pepes atau panggang, supaya mengurangi goreng-gorengan," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cara Mengetahui Status Gizi, Kamu Termasuk Normal atau Obesitas?"
[Gambas:Video 20detik]