Rabu, 06 Apr 2022 15:19 WIB

7 Obat Kolesterol Herbal yang Paling Ampuh, Cegah Kolesterol Tinggi saat Puasa

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi level kolesterol. Obat kolesterol herbal yang paling ampuh (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Ada sejumlah obat kolesterol herbal yang paling ampuh untuk meredakan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah saat puasa. Mengingat sebagian besar makanan yang dikonsumsi saat berbuka, seperti gorengan, santan, hingga makanan berlemak lainnya.

Hal ini lah yang membuat seseorang rentan mengalami kadar kolesterol tinggi lantaran mengkonsumsi terlalu banyak makanan tersebut.

Adapun gejala yang ditimbulkan apabila seseorang mengidap kolesterol tinggi, yaitu pusing, pegal, tangan dan kaki terasa sakit, sering kesemutan, hingga nyeri dada. Apabila tidak ditangani segera, bisa memicu komplikasi serius, seperti penyakit jantung.

Selain mengkonsumsi obat-obatan, meredakan kolesterol juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat kolesterol herbal yang paling ampuh.

Obat Kolesterol Herbal yang Paling Ampuh

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (6/4/2022), ini herbal yang bisa dicoba guys.

1. Daun Salam

Obat kolesterol herbal yang paling ampuh adalah daun salam. Selain dimanfaatkan untuk bumbu dapur, daun ini juga memiliki sejumlah manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan, seperti meredakan kolesterol tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, dan maag.

Kandungan senyawa flavonoid di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang kuat, sehingga efektif untuk menurunkan kadar kolesterol.

2. Bawang Putih

Bawang putih juga memiliki kandungan senyawa flavonoid dan saponin yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Itu mengapa bawang putih dikenal sebagai salah satu obat kolesterol herbal yang paling ampuh.

3. Daun Sirsak

Berdasarkan hasil penelitian, ternyata air rebusan daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang ampuh menghambat pembentukan kolesterol dalam darah lho.

4. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya memang sudah jelas terbukti ampuh untuk mengobati sejumlah masalah kesehatan. Pasalnya, kandungan senyawa di dalam lidah buaya, seperti vitamin B3, asam nikotinat, vitamin C, enzim lipase, dan asam folat, sangat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

5. Daun Kelor

Obat kolesterol herbal yang paling ampuh berikutnya adalah daun kelor. Daun ini telah dimanfaatkan sejak lama oleh bangsa Indian untuk mengatasi obesitas. Bahkan dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol lantaran kandungan zat aktifnya, seperti flavonoid dan tanin.

6. Kedelai

Kedelai juga bisa dijadikan sebagai obat kolesterol herbal yang paling ampuh. Menurut penelitian, kedelai bisa menurunkan kolesterol jenis LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat sebanyak 12 persen.

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat juga telah merekomendasikan konsumsi 25 gram kedelai untuk menurunkan kolesterol tinggi di dalam darah.

7. Teh Hijau

Sebuah ulasan dari 14 studi menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau setiap hari selama dua minggu bisa menurunkan kolesterol total sekitar 7 mg/dl dan kolesterol LDL sekitar 2 mg/dL.

Selain itu, teh hijau juga dapat mencegah kolesterol LDL dari oksidasi dan membentuk plak di arteri, sehingga sangat efektif untuk dijadikan sebagai obat kolesterol herbal yang paling ampuh.

Daripada mengkonsumsi obat medis yang mungkin banyak efek sampingnya, cobalah obat kolesterol herbal yang paling ampuh untuk meredakan kolesterol tinggi.



Simak Video "Indonesia Didominasi Varian Omicron, Termasuk BA.4-BA.5"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/fds)