Senin, 11 Apr 2022 09:30 WIB

Tak Harus Batal, Begini Tips Redakan Sakit Gigi Saat Puasa

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Asian woman toothache, pain, hurt and injured, tooth, teeth and dentistry woman concept Ilustrasi sakit gigi. (Foto: Dok. iStock)
Jakarta -

Tidak semua orang bisa menahan nyeri yang timbul akibat sakit gigi. Jika di hari biasa, nyeri akibat sakit gigi bisa diredakan dengan mengonsumsi obat pereda sakit. Tapi gimana kalau sedang puasa?

Sakit gigi saat berpuasa bisa disebabkan banyak hal. Entah itu pembengkakan pada gusi, gigi tumbuh, gigi berlubang, atau adanya infeksi. Gejala yang muncul juga biasanya akan hilang dan timbul, meski sakit giginya menetap.

Jika merasakan sakit gigi saat puasa, ada beberapa alternatif meredakan sakit gigi tanpa harus membatalkan puasa. Berikut cara mengatasi sakit gigi saat puasa.

Berkumur Air Garam

"Bisa dengan berkumur air garam," kata dokter gigi dari klinik Aesthetic Pondok Indah drg Yulita Dora, Senin (11/4/2022).

Namun dr Dora memberikan catatan, jika sakit gigi yang dialami terjadi karena adanya lubang dan sudah mencapai pulpa atau saraf gigi, maka kumur air garam hanya meredakan nyeri sementara.

Kompres Es Batu

Selain berkumur air garam, cara lain meredakan sakit gigi tanpa harus membatalkan puasa adalah kompres dengan es batu. Caranya dengan meletakkan es batu dalam sebuah plastik kecil lalu tempelkan pada pipi selama kurang lebih 15 menit.

"Biasanya pas sakit gigi itu kita suka ada peradangan ya di area pipi. Kompres es batu itu bisa mengurangi tapi tidak sangat ya," beber dr Dora.

Begitu sederet cara meredakan sakit gigi tanpa harus membatalkan puasa. Jika sakit gigi yang dirasakan tak bisa ditahan, tak ada salahnya mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)