Jumat, 01 Apr 2022 06:30 WIB

4 Obat Sakit Gigi Alami, Ampuh Redakan Nyeri di Gusi

Patrick - detikHealth
Dentist wearing eyeglasses gloves and mask examining a patient teeth with a dental probe and a mirror in a clinic box with equipment in the background Obat sakit gigi (Foto: iStock)
Jakarta -

Obat sakit gigi alami efektif redakan nyeri di gusi dan mulut. Sakit gigi adalah masalah pada mulut dan gigi yang menyakitkan. Sakit gigi tidak hanya mengganggu saat makan, tetapi juga dapat memengaruhi suasana hati seseorang.

Sakit gigi dapat disebabkan oleh apa saja, mulai dari sisa makanan yang tersangkut di gusi, gigi yang patah, atau infeksi bakteri. Sakit gigi juga berasal dari iritasi gusi sementara.

Pulpa di dalam gigi adalah bagian lunak yang diisi dengan saraf, jaringan, dan pembuluh darah. Saraf pulpa ini adalah salah satu bagian yang paling sensitif di dalam tubuh. Ketika saraf ini teriritasi atau terinfeksi oleh bakteri, maka dapat menyebabkan rasa sakit yang parah. Untuk itu, redakan nyeri di mulut dengan obat sakit gigi alami.

4 Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh Redakan Nyeri

Sakit gigi bisa diatasi dengan pergi ke dokter gigi. Namun jika gejalanya belum parah, ada obat sakit gigi alami yang bisa jadi pilihan alternatif.

Menurut WebMD, empat obat sakit gigi alami ini bisa redakan nyeri di gusi dan mulut.

1. Berkumur dengan air garam

Sebelum periksa ke dokter gigi, salah satu obat sakit gigi alami adalah berkumur dengan air garam. Caranya, campurkan setengah sendok teh garam dengan air hangat. Kumur sampai beberapa saat. Setelah itu, gunakan benang gigi secara lembut di sekitar gigi yang sakit untuk menghilangkan sisa makanan.

2. Kompres dingin

Jika mengalami bengkak karena sakit gigi, tempelkan kompres dingin di pipi selama 24-36 jam pertama. Ini dapat membantu meringankan rasa sakit, terutama jika gigi terkelupas atau copot. Pembengkakan juga menjadi gejala abses, nanah dan kotoran yang ada di dalam akar gigi. Hal ini dapat menyebabkan infeksi serius pada rahang dan gigi lainnya. Kondisi ini bisa menyebabkan demam dan gusi merah.

3. Es batu

Es batu dapat meredakan nyeri akibat sakit gigi. Jika merasakan sakit di wajah sebelah kanan, genggam es menggunakan tangan kanan, begitu pun sebaliknya. Gosokkan es batu menggunakan ibu jari dan jari telunjuk selama 7 menit, atau sampai area tersebut mati rasa.

Para peneliti percaya bahwa es mampu menghentikan sinyal rasa sakit ke otak.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin, cairan berminyak yang bermanfaat jadi obat sakit gigi alami. Caranya mudah, kunyah sepotong bawang putih atau taruh potongan bawang putih di gigi. Tenang, cara ini aman untuk dicoba.



Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)